Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suspensi XForce Dianggap Keras, Ini Respons Mitsubishi

Kompas.com - 23/08/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - XForce yang menjadi produk terbaru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sukses mencuri perhatian setelah resmi diluncurkan pertama kali di dunia dalam ajang GIIAS 2023.

Tak heran sambutannya cukup positif, bahkan euforia kehadiran XForce sebagai pemain baru di kelas SUV segmen B berbuah positif dari jumlah pemesanan yang capai ribuan unit, serta banyaknya pengunjung yang melakukan test drive.

Redaksi yang sempat menjajal singkat XForce di GIIAS 2023, punya beberapa catatan. Paling utama dari sisi suspensi yang terasa keras. Bahkan hal ini juga dialami beberapa rekan media lain yang sempat melakukan test drive.

Baca juga: Soal Beda Harga XForce, Ini Penjelasan Mitsubishi

Ketika mengonfirmasi terkait masalah tersebut, Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI menjelaskan, sebenarnya karakteristik suspensi pada XForce telah disesuaikan, bahkan dalam pengembangannya dirancang lebih baik dari kompetitornya.

Mitsubishi XForce GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce GIIAS 2023

"Sebelum melakukan pengembangan, ada beberapa kompetitor yang kami tes suspensinya dan sejujurnya rasanya tidak nyaman. Jadi memang suspensi di XForce sudah kami improve," kata Mii dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Lebih lanjut Mii menjelaskan, masalah suspensi XForce sebenarnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan berkendara di ASEAN, termasuk Indonesia.

Dalam proses pengembangan sektor kaki-kaki, Mii menjelaskan, memang titik beratnya soal bagaimana membuat suspensi yang nyaman, tapi tetap memiliki karakter SUV dengan handling yang baik.

Baca juga: Kenalan dengan Fitur Fungsional Mitsubishi XForce

"Tantangannya adalah bagaimana bisa membuat suspensi yang nyaman tapi karena ini kompak SUV, jadi harus punya respons dan handling yang baik," ucap Mii.

Sementara itu, Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI menjelaskan, XForce memang memiliki pengembangan khusus pada sektor suspensi.

Menurut nyar, sektor suspensi XForce dirancang khusus untuk mendapatkan kenyamanan tanpa menghilangkan karakternya sebagai SUV.

Baca juga: Daftar Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF

"Dimensi silinder absorber XForce terbesar di kelasnya. Sedikit mirip dengan pengembangan pada Xpander Cross beberapa waktu lalu, tapi karena dimensi dan bobot XForce ini berbeda, jadi penyesuainnya juga berbeda," ucap Guntur.

Masalah suspensi ini memang bisa dibilang relatif, karena beda pengendara pastinya punya penilaian dan sudut pandang yang juga berbeda.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Dari impresi berkendara singkat yang redaksi lakukan, meski sedikit terasa keras ketika melewati speedbump kecil, tapi masih dapat ditoleransi dengan handling serta sisi responsif kemudi yang cukup baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com