Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Mobil Hybrid Baru Resmi Meluncur, Total Ada 6 Model Baru

Kompas.com - 22/08/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 telah berakhir, akhir pekan lalu. Pameran ini juga menjadi momen para pabrikan untuk meluncurkan produk yang ramah lingkungan, salah satunya mobil hybrid.

Jika dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional, mobil hybrid masih lebih ramah lingkungan. Meskipun, masih tetap mengandalkan bahan bakar fosil.

Hybrid Electric Vehicle (HEV) juga termasuk kendaraan elektrifikasi, karena dibekali dengan baterai sebagai cadangan tenaganya. Tercatat ada enam model baru mobil hybrid yang meluncur pada GIIAS 2023.

Baca juga: Merek China Menginvasi GIIAS 2023

Berikut ini deretan mobil hybrid yang meluncur di GIIAS 2023:

1. Toyota All New Alphard HEV

Toyota Alphard HEV GIIASKOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Alphard HEV GIIAS

PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan generasi terbaru dari MPV premiumnya. All New Alphard HEV dibekali dengan mesin DOHC, 4-silinder, 2.500 cc, dengan kode A25A-FXS, yang mampu menghasilkan 246 tk.

Alphard Hybrid berstatus completely built up (CBU) dan didatangkan dari negara asalnya, yaitu Jepang. PT TAM membanderolnya dengan harga Rp 1.657.000.000 juta untuk tipe non premium color. Sedangkan untuk premium color, harganya Rp 1.660.500.000.

2. All New Honda CR-V RS e:HEV

All New Honda CR-V HybridDok. HPM All New Honda CR-V Hybrid

PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya memasarkan kendaraan elektrifikasi dengan kehadiran All New CR-V Hybrid. Mobil ini didatangkan langsung secara utuh dari Thailand.

SUV hybrid ini dibekali dengan mesin 2.0 L direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC. Mesinnya dikombinasikan dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Tidak disebutkan seberapa jauh mobil ini dapat berjalan dengan mode elektriknya. Tapi, Honda mengeklaim bahwa konsumsi BBM yang dihasilkan bisa seirit Brio. All New CR-V Hybrid saat ini dibanderol Rp 799,9 juta.

Baca juga: Toyota Cetak 5.796 SPK di GIIAS 2023, Avanza Veloz Terlaris

3. Lexus LM

MOBIL GIIAS LEXUS LM 2023 004KOMPAS.com/Fathan MOBIL GIIAS LEXUS LM 2023 004

Kembaran Alphard yang lebih premium ini juga resmi dihadirkan di Indonesia. Meski sudah dipastikan akan dijual oleh Lexus Indonesia, tapi harga pastinya belum diumumkan.

Dengan hadirnya LM, maka 90 persen produk elektrifikasi di kelas premium sudah mengisi jajaran produk yang dipasarkan Lexus Indonesia. Untuk diketahui, LM merupakan MPV mewah pertama di kelas premium yang dibekali teknologi hybrid.

4. Haval H6 HEV

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com