Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriteria Motor Listrik yang Cocok untuk Jalan di Wonogiri

Kompas.com - 21/08/2023, 16:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Motor listrik (molis) di Indonesia saat ini terus berkembang untuk mengurangi polusi udara dan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Pemerintah sendiri sudah memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik, bahkan banyak pilihan motor listrik yang mendapatkan bantuan pemerintah.

Baca juga: Brad Binder Perpanjang Kontrak di KTM sampai 2026

Pengunjung GIIAS 2023 mencoba test ride motor listrik GratisKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung GIIAS 2023 mencoba test ride motor listrik Gratis

Namun, motor listrik yang akan digunakan untuk jalan naik turun harus seperti daerah Kabupaten Wonogiri, harus harus menggunakan molis dengan daya dan torsi yang cukup untuk mengatasi medan yang berubah-ubah.

Gilbert Setiawan W pemilik toko motor listrik Sumber Rejeki Sepeda di Wonogiri, Jawa Tengah, mengatakan pemilihan motor listrik dengan daya yang kuat.

"Motor listrik yang diminati di Wonogiri yang memiliki jalan yang sangat variatif, naik dan turun adalah molis yang punya daya kuat dan memiliki kekuatan performa tinggi saat di jalan tanjakan di atas 15 derajat," ungkap Gilbert kepada Kompas.com, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Syarat Konversi Motor BBM ke Listrik Agar Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Pacific masuk ke segmen motor listrik, namun belum berani menjual secara on the roadKompas.com/Daafa Alhaqqy Pacific masuk ke segmen motor listrik, namun belum berani menjual secara on the road

Selain itu, watt motor listrik juga berpengaruh dalam pemilihan motor listrik, karena berpengaruh pada harga.

"Watt motor listrik yang diminati adalah 800-1500 watt, ini karena harganya terjangkau dan performanya cukup untuk memenuhi jarak tempuh dibawah 70 km," kata Gilbert.

Gilbert juga membagikan tips untuk perawatan battery motor listrik, yaitu dengan sering digunakan dan juga di charger, sehingga ada aktivitas yang rutin dan kesehatan (battery) tetap terjaga. Selain itu, yang tidak kalah penting ada melakukan pengecekan secara rutin di bagian kelistrikan.

Peminat motor listrik di Wonogiri memang belum sebanyak dikota-kota besar, namun berdasarkan data penjualan di Toko Sumber Rejeki, merk Goodrich, Goda. Exotic, Pacific, Uwinfly, Larizz, United, dan Volta banyak dicari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com