Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Terhindar dari Keropos, Pemilik Motor Honda Disarankan Cek Rangka ke AHASS

Kompas.com - 21/08/2023, 12:33 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perbincangan rangka motor Honda tipe eSAF mudah keropos ramai di media sosial setelah beberapa motor matik mengalami patah rangka.

Rangka tersebut memang bisa patah disebabkan oleh beberapa hal seperti terjadinya korosi, beban muatan yang terlalu berat dan kecelakaan.

Namun, yang ramai dibahas oleh netizen adalah patah akibat korosi mengingat proses terjadinya keropos membutuhkan waktu cukup lama dan diawali dengan adanya korosi.

Baca juga: Cara Mengatasi Rangka eSAF Skutik Honda yang Patah dan Berkarat

Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.Instagram Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.

Sementara itu garansi rangka yang diberikan oleh pihak Honda hanya 1 tahun atau 10.000 Km mana yang lebih dulu tercapai. Hal ini membuat konsumen khawatir bila sampai kejadian rangka patah setelah masa garansi lewat.

Direktur Pemasaran AHM Octavianus Dwi Putro mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rangka sepeda motor bisa patah.

Ia mengatakan, hal tersebut tergantung case atau kasus kerusakannya. Bila case merupakan kesalahan dari pabrik, maka pihaknya akan melakukan penggantian.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] AHM Tanggapi Kejadian Rangka Honda Beat Patah dan Berkarat | Baterai Suzuki XL7 Hybrid Rusak, Segini Biaya Perbaikannya

"Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut, kita akan tangani, tergantung kasusnya. Ada yang disebabkan pemakaian, terkena air laut, nah itu banyak case-nya. Maka dari itu saya tidak bisa ngomong, case by case saja," kata Oktavianus dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Senior Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Rina Listiani saat dikonfirmasi juga mengatakan hal yang senada. Ia menyampaikan, beberapa hal bisa menjadi faktor rangka eSAF berkarat atau patah.

Pihaknya perlu melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap unit motor agar diketahui penyebabnya.

Baca juga: AHM Tanggapi Kejadian Rangka Honda Beat Patah dan Berkarat

"Kami sarankan konsumen dapat melakukan pengecekan di AHASS (bengkel resmi motor Honda," kata Rina kepada Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Lebih lanjut, Rina mengatakan bahwa pengguna sebaiknya membawa rangka sepeda motor yang berkarat atau patah ke AHASS untuk mengetahui apakah kerusakan bisa di-cover dengan garansi atau tidak.

"Kami berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk konsumen dengan memberikan perhatian pada setiap keluhan konsumen, termasuk keluhan terkait rangka," ujarnya.

Rina mengatakan Untuk mengetahui detailnya, pihak diler harus memeriksanya langsung. Konsumen dapat langsung datang ke AHASS atau menghubungi contact center 1500989.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com