Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Cairan Coolant, Bisa Pakai Air Aki sampai Tetesan AC

Kompas.com - 18/08/2023, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Sistem pendinginan mesin modern umumnya telah menggunakan cairan atau radiator. Pemilik mobil atau motor harus rajin mengecek ketinggian air radiator pada tabung reservoir untuk memastikan kinerja pendinginan tidak bermasalah.

Sebaiknya penambahan cairan radiator mesti dilakukan rutin. Karena tinggi permukaan air bakal berkurang karena proses penguapan.

Namun sayang dalam kondisi darurat, tidak semua pemilik menyediakan coolant cadangan. Konsumen pun harus tahu alternatif cairan radiator selain coolant.

Baca juga: Perang Diskon SUV Segmen B di GIIAS 2023, Kia Sonet Tembus Rp 30 Juta

Coolant Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Coolant Hyundai Ioniq 5

Dhany Ekasaputra, Promotion Manager PT Autochem Industry (produsen radiator coolant dan car care), mengatakan, air aki dan air tetesan AC jadi alternatif yang baik buat radiator.

“Air tetesan AC transfer heat-nya bagus, sama seperti coolant warna merah. Tapi dia enggak punya antikaret. Kalau ditanya bagus enggak? Bagus. Kalau buat tambah? Oke, enggak masalah,” ujar Dhany di Tangerang (16/8/2023).

Meski begitu, Dhany tidak menyarankan pengguna kendaraan untuk mengganti seluruh cairan radiator menggunakan air aki atau air AC

Baca juga: 5 Perbedaan Hyundai Stargazer X dengan Stargazer Biasa

“Tapi kalau dari nol pakai tetesan AC atau air aki yang warna biru, kalau diganti semuanya, ya artinya sistem antikarat enggak ada,” ucap Dhany.

“Jadi buat menambah enggak masalah, yang enggak boleh sebenarnya air mineral dan air keran. Kan kita enggak tahu di dalamnya ada kandungan besi, kandungan mineral, dan lainnya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com