Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rangga Meluncur Awal 2024, Muka Bakal Mirip dengan Konsep

Kompas.com - 18/08/2023, 07:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota di GIIAS 2023 turut memajang Rangga Concept, mobil dengan basis IMV 0 yang kini sudah sampai di Indonesia. Kabarnya, mobil ini akan dijual dalam waktu dekat, awal tahun depan.

Informasi ini redaksi dapatkan dari Staff Conversion Project Hery Harjanto. Saat ini, Rangga Concept yang dipajang selama GIIAS memang belum punya legalitas untuk digunakan di jalan, istilahnya belum ada akte kelahiran.

"Planning kita awal tahun ya (jualan)," kata Hery kepada Kompas.com, Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Pakai Mesin Diesel dan Bensin, Toyota Rangga Calon Angkot Masa Depan

Toyota Rangga ConceptKOMPAS.com / DIO Toyota Rangga Concept

Soal bentuk, Hery bilang kalau versi produksinya bakal mirip dengan yang dipajang, setidaknya dari bagian kepala. Tapi para pramuniaga di pameran sudah menyebarkan detail ke konsumen yang berminat, terutama soal dimensi.

"Ukuran dari sales sudah nyebarin," kata Hery.

Informasi soal spesifikasi terutama ukuran detail Toyota Rangga sebenarnya sudah bisa dibaca oleh calon konsumen, tapi brosur ini belum boleh diberikan. Dari data ini, calon konsumen kemudian bisa langsung berkonsultasi dengan pihak karoseri yang mau diajak kerja sama.

Baca juga: Ini 5 Mobil Termurah di GIIAS 2023, Harga mulai Rp 130 Jutaan

Soal harga, sebelumnya sudah dibocorkan kalau Rangga ada di bawah Hilux. Artinya, kisaran harganya antara Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan, tersedia dua pilihan mesin, bensin dan diesel.

"2.000cc (bensin) dan 2.400cc (diesel) kayak Hilux, rencana seperti itu, pakai 1TR dan 2GD," ucap Hery.

Mengenai peluncuran tahun depan, Hery menjelaskan kalau masih ada proses yang harus dilewati. Misal dari homologasi, pendaftaran, uji tipe, biar dapat SUT dan sebagainya.

"Jadi keluar aktenya lah biar jelas, awal tahun prediksinya sesuai schedule bisa rilis. Kayaknya enggak (tunggu pameran), lebih cepat lebih baik," ucap Hery.

Soal variannya apa saja yang dikeluarkan TAM, memang belum pasti. Hery cuma bilang rencananya bakal ada versi sasis kosongan dan bak. Model bak pun belum dipastikan, antara buka belakang atau yang three way (kanan-kiri ikut buka).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com