Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Motor Custom 2023 Segera Digelar di Bali

Kompas.com - 15/08/2023, 18:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi motor custom di Bali bertajuk NK13 Custom War 2023 akan segera digelar di Taman Festival, Denpasar. Terakhir kali kompetisi ini sukses diadakan yaitu pada 2019.

Acara ini bukan sekadar kontes atau kompetisi untuk pecinta motor custom di Indonesia. Namun, secara khusus juga bertujuan untuk menampilkan sudut pandang budaya kustom khas Bali.

NK13 Custom War tahun ini akan jadi yang kelima kalinya digelar oleh Naskleeng Tiga Belas (NK13). Kelompok kolektif ini pertama dibentuk pada tahun 2007, dan sekarang telah berevolusi menjadi pemantik acara, penjual merchandise, dan terutama wadah bagi orang-orang yang memiliki kecintaan pada dunia Kustom Kultur di Bali untuk berbagi gagasan dan pemikiran.

Baca juga: Seniman Cat Tanah Air Garap Motor Custom Modifikator Malaysia

Gus Rai, anggota dari NK13, yang juga menjabat sebagai Direktur dan Ketua Pelaksana Custom War 2023, mengatakan, kelompok penggiat kustom kultur ini terkenal dengan kreativitasnya dan visinya untuk mendobrak kebiasaan yang sudah ada.

NK13 Custom WarDok. NK13 NK13 Custom War

"Dobrakan itu tentu saja bukan hal yang mudah untuk dilihat masyarakat secara umum. Oleh karena itu, Custom War 2023 ini kami adakan untuk kembali menunjukkan sudut pandang kami tentang budaya kustom kepada publik," ujar Gus Rai, dalam keterangan resminya.

Gus Rai berharap dengan adanya wadah ini, para penggiat kostum kultur mampu bersatu menampilkan jati dirinya lebih jauh untuk ikut memajukan industri kendaraan kustom di Indonesia.

Dengan diadakannya event tahun 2023 ini di lahan seluas 2,5 hektar, kali ini NK13 menargetkan lebih dari 40.000 pengunjung selama dua hari digelarnya acara, yakni pada 17-18 Agustus 2023.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Kinclong Ornamen Aluminium di Motor Custom

NK13 Custom War 2023 mengajak seluruh komunitas motor dan juga para penggiat kustom kultur untuk berpartisipasi dan membangun relasi baik pada acara ini. Selain melibatkan berbagai komunitas motor, acara ini juga akan melibatkan lebih banyak seniman pinstripe, seniman-seniman tato, dan juga lebih banyak pameran mural dan fotografi hasil karya beberapa seniman.

NK13 Custom WarDok. NK13 NK13 Custom War

Custom War 2023 di Bali ini juga akan dihadiri oleh beberapa penggiat kustom kultur kenamaan internasional. Salah satunya adalah Sinya Kimura, builder dan pencipta Zero Engineering atau Zero Style. Motor buatannya sudah sering digunakan oleh nama-nama besar Hollywood, seperti David Beckham hingga Flea, pemain bas dari band Red Hot Chili Peppers).

Yaniv Evan, pemilik dari garasi kustom Powerplant Motorcycles di Amerika yang terkenal dengan HD FXR/DYNA juga akan ikut hadir dalam event ini. Tidak ketinggalan, penggiat hand-made mesin dan metal platina kenamaan Las Vegas, Cristian Sosa dari Sosa Metalworks juga akan berpartisipasi.

Ciri khas dari acara kustom yang sudah secara konsisten dihadirkan bagi para pengunjung adalah Lucky Draw. Pada tahun 2023 ini, hadiah Lucky Draw adalah motor custom dengan basis Harley-Davidson Sportster Evo 1200.

NK13 Custom WarDok. NK13 NK13 Custom War

Motor modifikasi ini merupakan hasil garapan dari Kedux Garage, builder motor kustom asal Denpasar yang sudah sering unjuk gigi pada kontes modifikasi nasional bahkan internasional. Untuk painting dari HD Sportster Evo 1200 ini, Kedux Garage juga berkolaborasi dengan Belkote Paints.

Untuk Custom War 2023 ini, Belkote Paint akan mengadakan pertunjukan langsung Live Pinstripe berkolaborasi dengan seniman pinstripe, seperti Beben Wayang, Nyenyok, Donik Dangin, Dwi Cahyana, Wiranatha, Adam, Dower, Bngk, Genyol, Yande Ginantha, dan Ketut Cacing.

Andrew Budi Kurniawan, Direktur Marketing PT Bintang Chemical Indonesia, produsen Belkote Paints, mengatakan, pihaknya ingin mendukung sepenuhnya kustom kultur dan juga industri otomotif di Indonesia.

"Mereka adalah komunitas yang sangat kreatif dan jelas karyanya dalam memodifikasi kendaran di Indonesia akan menjadi pemantik penting kemajuan industri otomotif di Indonesia. Sebagai produsen cat karya anak bangsa, kami ingin bersama-sama berdinamika dan memajukan Indonesia melalui karya-karya kreatif tersebut,” kata Andrew.

Selain menghadirkan deretan seniman dan para builder, NK13 Custom War 2023 juga memiliki banyak aktivitas menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com