Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Bikin Kinclong Ornamen Aluminium di Motor Custom

Kompas.com - 07/06/2023, 19:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Banyak orang melakukan modifikasi motor dengan tujuan ingin tampil beda. Bentuknya beragam, mulai bagian motor kadang diubah total, termasuk komponen bodi jadi full aluminium.

Biasanya, untuk mendapatkan kesan motor custom dan klasik, beberapa komponen dibiarkan tanpa cat. Misal di bagian bak kopling, atau sepatbor, dibiarkan kasar atau cuma dipoles biar kinclong.

Tapi, tentu kondisi aluminium yang kinclong tadi tidak selamanya, alias bisa saja butek. Bagi pemilik motor yang mau mengembalikan tampilannya jadi kinclong dan tidak mau repot ke bengkel detailing, bisa melakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Pencinta Motor Custom Makin Bergaya dengan Hadirnya Deus di Mal

Bagian aluminium di motor custom yang perlu dirawatKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bagian aluminium di motor custom yang perlu dirawat

Chandra Gunawan, owner Frontwheel Motors, bengkul custom di Bogor memberikan tips untuk merawat komponen aluminium yang tidak dicat. Pertama, jangan pakai kompon karena malah membuat semakin butek.

"Kalau ada bagian aluminium yang sudah polish, shiny, perawatannya pakai batu hijau, dicairin (dikasih bensin), dilap. Batu hijau itu khusus metal, cara polesnya sama, tapi alatnya berbeda," kata Chandra kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Untuk kain lap yang digunakan, Chandra bilang bisa menggunakan yang kasar, bahkan bahan jin. Berbeda dengan lapisan yang sudah cat, kalau pakai kain kasar malah membuat goresan atau baret halus.

Baca juga: Lelang Puluhan Moge Royal Enfield Classic, Mulai Rp 20 Jutaan

"Ini jauh berbeda dengan cat, kalau permukaan cat pakai jeans malah baret, tapi kalau aluminium enggak," kata Chandra.

Perawatan tadi bisa dilakukan kalau komponen aluminiumnya sudah butek. Misal masih kinclong, perlu dirawat saja ketika motor dibawa melibas hujan, segera bilas dan keringkan.

"Agak sensitif aluminium kalau kena hujan, enggak langsung dilap ada titik-titik. Bilas, lap langsung keringin," kata Chandra.

Memiliki motor custom memang butuh ketelatenan dalam merawatnya. Tapi semuanya sepadan kalau saat dibawa di jalan malah dapat acungan jempol dari pengendara lain yang mengapresiasi hasil karya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com