Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Royal Enfield Super Meteor 650 dengan Honda CMX 500 Rebel

Kompas.com - 13/08/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield resmi meluncurkan Super Meteor 650 di Indonesia. Motor bergaya cruiser tersebut dijual mulai Rp 242 jutaan dan paling mahal ada di harga Rp 249 juta.

Hadirnya Super Meteor 650 menambah pilihan motor bergaya cruiser dengan mesin di atas 500cc. Apalagi secara global, Royal Enfield klaim kalau motornya laku di pasaran, banyak yang berminat.

Bicara soal cruiser yang ringkas, sebenarnya tidak bisa melupakan Honda CMX 500 Rebel, atau Honda Rebel sebutan singkatnya. Pada tulisan kali ini, redaksi akan membandingkan keduanya, dari desain sampai ke performa dan fitur.

Baca juga: Spesifikasi Cruiser Ringkas Royal Enfield Super Meteor 650

Honda CMX 500 Rebel atau Honda RebelKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Honda CMX 500 Rebel atau Honda Rebel

Soal tampilan, Super Meteor 650 tampil layaknya cruiser yang simpel atau sederhana. Pelek depan berukuran lebih besar dari belakang makin membuat aura cruiser keluar, siap dibawa jalan jauh.

Sedangkan Rebel, tampilannya lebih ke cruiser perkotaan. Apalagi kalau dilihat dari peleknya, ukuran yang dipakai di depan dan belakang sama, yakni 16 inci.

Kemudian dari sisi performa, tentu Super Meteor 650 bisa dibilang lebih unggul. Mesin yang digunakan 650cc dua silinder, menghasilkan tenaga 46,4 TK di 7.350 RPM dan torsi 52,3 Nm di 5.650 RPM.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga All New Honda CR-V Turbo dan Hybrid di GIIAS 2023


Kalau melihat Honda Rebel, memang punya mesin yang lebih kecil, yakni 471,3cc dua silinder. Cuma, tenaga yang dihasilkan juga tidak terlalu jauh beda, 44,9 TK di 8.500 RPM dan torsi 43,6 Nm di 5.500 RPM.

Jadi di atas kertas, kedua motor bisa dibandingkan secara tenaga yang beda tipis. Cuma memang soal torsi, Super Meteor lebih besar dan kelihatan cukup signifikan.

Soal fitur, Super Meteor memakai lampu LED di depan dengan model yang tetap klasik. Jadi tampilan jadul namun disematkan teknologi modern, terang saat malam.

Baca juga: Mau Kredit Motor Listrik Honda EM1 e:, Cicilan mulai Rp 1 Jutaan

Royal Enfield Super Meteor 650Kompas.com/Fathan Royal Enfield Super Meteor 650

Begitu juga yang disematkan ke Honda Rebel, lampu depan baru dengan LED. Pada bagian belakang juga sudah memakai LED yang terang.

Kemudian untuk Royal Enfield, pada bagian instrument cluster menggunakan model kombinasi digital dan analog. Bahkan ada tambahan layar buat menunjukan navigasi, makin cocok saja dibawa jalan jauh.

Sedangkan untuk Honda Rebel, tampilan instrument cluster lebih sederhana karena full digital. Isinya cuma speedometer, posisi gigi, odometer, trip, dan jam.

Baca juga: Spesifikasi Motor Harley-Davidson Pan America, Dijual Rp 800 Jutaan

Honda CMX 500 Rebel atau Honda RebelKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Honda CMX 500 Rebel atau Honda Rebel

Fitur lain seperti ABS dual channel sudah digunakan di kedua motor. Bedanya untuk suspensi, Super Meteor 650 sudah upside-down, sedangkan Rebel masih teleskopik.

Sebenarnya soal harga, Super Meteor 650 memang lebih mahal, mulai Rp 242 juta. Sedangkan Honda Rebel lansiran 2023, harganya di Rp 201,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com