Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Cruiser Ringkas Royal Enfield Super Meteor 650

Kompas.com - 12/08/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield Super Meteor 650 resmi meluncur di GIIAS 2023. Motor bergaya cruiser ringkas ini dijual mulai Rp 242 jutaan dengan dua varian, standar dan tourer, tersedia dalam lima pilihan warna menarik.

Secara tampilan, Super Meteor 650 terlihat layaknya motor cruiser. Artinya, posisi berkendara santai, tangan rileks, ditambah posisi kaki agak maju, makin nyaman buat berkendara jarak jauh.

Soal fitur, Super Meteor bisa dibilang cukup, tidak berlebihan, dan semuanya fungsional. Mulai dari bagian mesin, model 650cc paralel twin atau dua silinder segaris jadi jantung pacu. Pun, sudah diandalkan pada model Interceptor dan Continental GT.

Baca juga: Baru Meluncur, Royal Enfield Super Meteor Ludes di Batch Pertama

Royal Enfield Super Meteor 650Kompas.com/Fathan Royal Enfield Super Meteor 650

Mesin tersebut kapasitas tepatnya di 648cc, menghasilkan tenaga 47 PS atau sekitar 46,4 TK di 7.350 RPM dan torsi 52,3 Nm di 5.650 RPM. Klaim Royal Enfield, mesin ini punya torsi yang kuat sejak RPM rendah dan respon gas yang effortless.

Lalu, dipasang juga kepala silinder baru yang memberikan torsi lebih kuat, cocok buat dibawa touring jarak jauh. Jadi rasa berkendaranya lebih halus tapi tetap responsif, di kecepatan rendah atau tinggi.

Soal sasis, Royal Enfield klaim kalau Super Meteor 650 berbeda dengan Meteor 350 yang duluan dijual. Sasisnya dibuat mengitari mesin dua silinder tersebut, menjaga keseimbangan sehingga nyaman dibawa jalan jauh atau sekadar di dalam kota.

Baca juga: Pakai Mesin Diesel dan Bensin, Toyota Rangga Calon Angkot Masa Depan


Fitur yang disematkan pada Super Meteor 650 seperti lampu LED di depan dengan model yang tetap klasik. Jadi tampilan cocok namun disematkan teknologi modern, terang saat malam.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan menggunakan model upside-down, membuat pengendara lebih percaya diri. Sedangkan di belakang memakai model twin shock yang dilengkapi setelan preload.

Pada bagian roda, di depan menggunakan pelek 19 inci dan belakang 16 inci. Keduanya sudah memakai rem cakram dan dilengkapi dengan ABS dual-channel.

Royal Enfield Super Meteor 650 akan meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Royal Enfield Super Meteor 650 akan meluncur di GIIAS 2023

Soal cruiser, tentu yang jadi fokus adalah bangku pengendara yang nyaman. Super Meteor 650 menghadirkan hal tersebut, sudah posisinya rendah, lebar juga, bisa menopang dengan baik dalam perjalanan jauh dengan nyaman.

Saat motor dibawa jauh, jangan takut kehabisan BBM. Tangki Super Meteor 650 sebesar 15,7 liter, cukup untuk dibawa jalan dengan jarak yang panjang.

Baca juga: Alva Baru Punya 2 Diler, Kendala buat Pembeli di Luar Kota

Royal Enfield Super Meteor 650 akan meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Royal Enfield Super Meteor 650 akan meluncur di GIIAS 2023

Terakhir, pada bagian instrument cluster menggunakan model kombinasi digital dan analog. Bahkan ada tambahan layar buat menunjukan navigasi, makin cocok saja dibawa jalan jauh.

Soal varian, standar ada Astral dan Interstellar. Sedangkan yang tourer sebutannya Celestial, dengan tambahan fly screen, jok deluxe yang dilengkapi dengan sandaran untuk penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com