Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Lexus LM dan Toyota Alphard HEV

Kompas.com - 12/08/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus Indonesia dan Toyota Astra Motor resmi meluncurkan produk favorit di kelas MPV mewah di GIIAS 2023. Pertama ada All New LM dan All New Toyota Alphard.

Kedua mobil ini bisa dibilang punya basis yang sama. Untuk generasi pertama LM, banyak yang melakukan konversi dari Toyota Alphard.

Lalu pada generasi kedua LM, bisa dibilang banyak perbedaan terutama di bagian eksterior kalau dibanding dengan Alphard.

Lexus LM tampil lebih premium dengan desain depan spindle body, evolusi dari spindle grille. Sedangkan Alphard, gril depannya jauh lebih besar, bahkan seperti tameng yang memberi aura premium.

Baca juga: Meluncur Bareng, Lexus LM dan Toyota Alphard Tak Saling Ganggu

All New Alphard memiliki opsi hybrid electric vehicle (HEV) dengan efisiensi mesin tinggi, powerful, dan low emission. Hal ini merupakan bagian dari upaya Toyota mewujudkan carbon-neutral mobility.
Dok. Toyota Astra Motor All New Alphard memiliki opsi hybrid electric vehicle (HEV) dengan efisiensi mesin tinggi, powerful, dan low emission. Hal ini merupakan bagian dari upaya Toyota mewujudkan carbon-neutral mobility.

Bedanya lagi, lampu depan LM tampil tipis dan minimalis. Sedangkan untuk Alphard, lampunya seperti menyatu dengan bentuk gril. Jadi di bagian depan saja sudah banyak perbedaannya.

Beralih ke bagian samping, secara proporsi memang cukup mirip, tapi ada ornamen samping yang membedakan keduanya. Misal di bagian kaca samping, LM seperti tarikan garis lurus, sedangkan Alphard ada yang naik di pintu penumpangnya.

Begitu juga di bagian pilar C, LM bagian atasnya seperti turun ke bawah dan menyatu dengan kaca belakang. Sedangkan untuk Alphard, pilar C lurus saja, membuat kaca samping yang belakang terlihat lebih besar.

Baca juga: Chery Omoda 5 EV Cuma Bisa Dipesan di GIIAS 2023, Siapkan Rp 10 Juta

Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.Dok. Toyota Astra Motor Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.

Kemudian di bagian pelek, Alphard memakai model dual tone hitam dan silver. Sedangkan Lexus, peleknya seperti kipas dan terdiri dari satu warna saja.

Khusus bagian belakang, lampu kombinasi Alphard lebih besar kelihatannya. Sedangkan Lexus, tipis seperti di depan dan menyambung antar bagian kiri dan kanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com