Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil Listrik Volvo C40 EV Recharge, Rp 1,36 Miliar

Kompas.com - 12/08/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo Cars Indonesia yang baru saja kembali ke pasar Indonesia memperkenalkan C40 EV Recharge. Mobil bergaya crossover ringkas ini dibanderol Rp 1,36 miliar.

C40 merupakan mobil listrik pertama Volvo yang memang direkayasa sejak awal nol. Basis mobilnya menggunakan Compact Modular Architecture (CMA) yang dikembangkan bersama Geely Group.

Secara tampilan luar, C40 tampil bak SUV namun punya desain bodi yang terkesan pipih, jadi aerodinamis. Tampilan depannya menawan tapi gagah, ditambah DRL khas Volvo yang seperti huruf T miring.

Baca juga: Mobil Volvo yang Dijual di Indonesia CBU Malaysia

Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023

Bagian belakang, dilengkapi dengan atap yang agak landai.Lampu rem punya desain unik, memakai LED bar panjang dan bagian dengan pendar putus-putus.

Lalu pada bagian kabin, Volvo yang fokus pada sustainability ini menggunakan bahan tanpa kulit. Ditambah posisi mengudi yang tinggi, khas SUV Volvo, tapi ada panoramic roof yang membuat ruangan terasa lega.

Untuk sistem infotainment, layaknya Volvo terbaru, C40 dilengkapi dengan tipe layar sentuh dan vertikal. Sistem tersebut dikembangkan bersama Google, jadi sudah termasuk aplikasi seperti Google Maps, Google Assitant, dan bisa mengunduh aplikasi dari Google Play.

Baca juga: Maxus Terlalu Optimistis Bisa Bertarung dengan Toyota Alphard dan Lexus LM


Soal powertrain, Volvo C40 yang dibawa ke Indonesia dilengkapi dengan twin motor, alias penggerak semua roda (all wheel drive). Memakai baterai 78 kWh, C40 bisa melaju sekitar 500 Km sekali cas.

Soal performa, kombinasi baterai dan motor listrik ini menghasilkan 408 Tk dan torsi 670 Nm. Hasilnya akselerasi dari 0-100 Kpj diklaim di bawah 5 detik, cuma 4,7 detik.

Baca juga: Laksana Luncurkan Legacy SR3 Double Decker dan Tourista di GIIAS 2023

Kabin Volvo C40 EV RechargeKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Volvo C40 EV Recharge

C40 kalau dicas pakai model fast charging, dari 10 persen baterai sampai penuh cuma memakan waktu sekitar 40 menit. Sedangkan kalau pakai wall charger dengan kekuatan 32A, bisa memakan waktu 13 jam.

Jadi sekarang makin banyak saja pilihan mobil listrik di rentang harga Rp 1 miliar. Ada Toyota dengan bZ4X, Tesla Model Y juga ada di kisaran harga yang sama, jadi mau pilih yang mana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com