Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO 27 Trans Java Bakal Rilis Bus Baru Pakai Sasis Volvo

Kompas.com - 16/07/2023, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Pada 2022 perusahaan otobus (PO) 27 Trans Java sempat ramai usai merilis bus dengan bagasi super lapang yang bisa menampung sepeda motor, tahun ini PO tersebut akan membawa gebrakan kembali pada bus anyar. 

Malalui foto yang diunggah oleh Instagram @ 27transjavamania, PO asal Malang, Jawa Timur tersebut membocorkan kabar bila dalam waktu dekat ini akan segera merilis unit baru. Saat ini bus tersebut masih dirakit di garasi Karoseri Tentrem.

Namun belum dikatahui secara pasti berapa unit bus yang akan dirilis, berdasarkan foto yang diunggah hanya menampilkan satu unit bus dan baru tahap pemasangan bodi. 

Baca juga: Motobatt Rilis Alat buat Cek Kondisi Aki Motor

Secara spesifikasi, bus tersebut menggunakan balutan bodi Avante H9. Berdasarkan keterangan foto, disebutkan bila sebelumnya bus tersebut akan menggunakan bodi Avante D1.

Namun rencana tersebut berubah setelah sasis masuk ke garasi karoseri melalui beberapa pertimbangan, akhirnya dipilihlah bodi Avante H9. 

Avante H9 merupakan bodi big bus  dengan tinggi 3.9 meter. Keunggulan dari bodi bus tersebut punya bagasi yang sangat lapang juga mampu menampung barang lebih banyak, bahkan sepeda motor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 27TRANS JAVA MANIA (@27transjavamania)

 

Baca juga: Viral Video Sopir Bus Dihukum Push Up Oleh Anggota TNI

Sementara itu, untuk dapur pacu dari unit bus tersebut akan menggunakan sasis Volvo B11R 450HP. 

Lantaran baru tahap pemasangan bodi pada sasis, bus tersebut juga belum diketahui akan menggunakan desain interior dan konfigurasi bangkus seperti apa. 

Namun bus tersebut nantinya akan digunakan sebagai layanan bus AKAP yang masih dirahasiakan untuk trayeknya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com