Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Pajero Sport Rakitan Lokal Diekspor ke Australia Akhir 2023

Kompas.com - 11/08/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Mitsubishi Motor Corporation (MMC) akan menambah investasi di Indonesia sebesar Rp 5,7 triliun, untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi 250.000 unit pada 2024.

"Kami sangat mengapresiasi Mitsubishi yang telah berkomitmen turut berperan mengembangkan ekosistem industri otomotif di Indonesia yang berdaya saing. Apalagi, Mitsubishi juga fokus menjadikan Indonesia sebagai bagian basis produksinya,” kata Agus usai melakukan pertemuan dengan President & CEO MMC Takao Kato di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Rupanya Mitsubishi sudah memperhitungkan dengan matang rencana tersebut sejak 3 tahun lalu, agar produksi mobil di Indonesia bertambah bahkan dapat melakukan ekspor ke sejumlah negara.

Baca juga: Ulas Spesifikasi Lengkap Mitsubishi XForce di GIIAS 2023

Mitsubishi Pajero Sport di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi Pajero Sport di IIMS Hybrid 2022

President & CEO MMC Takao Kato mengatakan, peningkatan nilai investasi ini memang ada hubungannya dengan penambahan jumlah produksi dan peluncuran produk baru.

“Sudah menjadi rencana kami sejak 3 tahun yang lalu untuk menambah produk baru serta volume produksi yang ada di pabrik Indonesia,” ucap Takao saat konferensi pers di GIAAS 2023, Kamis (10/8/2023).

Bahkan Takao mengatakan sudah berencana mengekspor Pajero Sport dari pabrik MMKI ke Australia dimulai akhir tahun ini.

Meski demikian, kuota ekspor sampai saat ini belum bisa ditentukan karena alasan mempertimbangkan beberapa kemungkinan.

Baca juga: Resmi Meluncur, Mitsubishi XForce mulai Rp 379,9 Juta

Pajero SportMMKSI Pajero Sport

“Tidak hanya dari Indonesia, pabrik dari Thailand juga akan menjadi negara pengekspor ke Australia untuk produk Pajero Sport,” ucap Takao.

Takao juga mengatakan sudah berencana mengekspor produknya ke 40 negara di seluruh dunia sehingga penambahan investasi di RI tersebut menjadi semakin logis terjadi.

“Negara-negara tersebut adalah Vietnam, Filipina, Amerika Latin dan Timur Tengah, ada sekitar 40 negara, dan kami terus melakukan observasi apakah perlu menambah tujuan ekspor ini,” ucap Takao.

Perlu diketahui 40 negara tujuan ekspor di atas termasuk juga dari hasil produksi Mitsubishi Xpander, jadi tidak hanya Pajero Sport saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com