Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Daihatsu Rocky Bekas di Mobil88, Cek Kondisi Kabin

Kompas.com - 09/08/2023, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa mobil bekas tidak pernah sepi peminat terutama untuk mobil bekas tahun muda dengan kondisi prima. Alasannya mobil bekas tahun muda masih layak pakai tapi harga sudah turun dibanding beli baru.

Salah satu perusahaan yang menyediakan mobil bekas siap pakai ialah mobil88. Kompas.com yang penasaran kemudian menjajal atau test drive singkat Daihatsu Rocky yang sedang dijual di showroom mobil88 di Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga: Produsen Pelumas Ini Rayakan Ulang Tahun ke-35 dengan Program Spesial

Mobil yang Kompas.com coba ialah Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone, transmisi CVT produksi tahun 2021. Jika sebelumnya Kompas.com sudah mengulas mengenai eksterior maka kini beralih ke interior.

Test drive Daihatsu Rocky bekas milik mobil88Foto: mobil88 Test drive Daihatsu Rocky bekas milik mobil88

Untuk diketahui Rocky yang dicoba sudah berumur dua tahun yang artinya model-model awal Rocky 1.0 tipe R Turbo mengaspal di Indonesia.

Saat pertama masuk ke kabin Kompas.com menyadari bahwa masih sedikit terasa bau kabin mobil baru. Bau kabinnya masih mentah seperti kiriman diler belum tercampur atau hilang karena "sengatan" berbagai pewangi.

Berikutnya ialah mencari noda di bagian jok sebab noda pada jok dapat mengindikasikan bagaimana pemakai sebelumnya. Hasilnya jok dan bagian-bagian lain tampak masih mulus termasuk bagian door trim yang biasanya lecet halus karena kuku tangan.

Kemudian bagian dashboard dan area kokpit termasuk setir masih relatif mulus. Tuas persneling juga belum ada lecet-lecet yang mengganggu mata. Padaa kursi baris kedua juga tidak jauh berbeda, warna jok masih hitam tanpa noda.

Baca juga: Bahas Desain Yadea E8S Pro, Bisa Bawa Galon

Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88Foto: mobil88 Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88

Salah satu penjaga mobil88 di lokasi mengatakan, saat mobil datang pihaknya memang "merekondisi" sampai keadaan terbaiknya. Namun tidak disebutkan patokannya apa, hanya yang pasti mobil bersih, nyaman dan sehat.

Bicara soal sajian desain dan bentuk, serta kenyamanan dan juga kelapangan interior, bisa dibilang konsep yang diterapkan pada Rocky milenial jauh lebih modern daripada saudaranya sendiri yaitu Terios.

Ketika membuka pintu pengendara, pengemudi akan disajikan dengan tata letak dasbor yang lebih segar dibandingkan model-model Daihatsu yang ada saat ini. Apalagi jika dibandingkan dengan Rocky era 90'an yang pernah eksis.

Baca juga: Video Viral Motor Gelimpangan Gagal Lewati Tanjakan Sikut Arah Bromo

Tak hanya mengusung konsep kokpit pesawat, namun desainya dirancang untuk memudahkan pengendara dalam menjangkau segala fungsi yang ada, alias driver oriented.


Test drive Daihatsu Rocky di mobil88
KOMPAS.com/Gilang Test drive Daihatsu Rocky di mobil88

Lingkar kemudi yang sederhana telah dijejali dengan tombol pengaturan ponsel dan audio, sedangkan tampilan meter cluster sudah full digital lengkap bersama dengan empat pilihan tampilan.

Baca juga: Pengamat Menilai Ujian Praktik SIM C Masih Bisa Ditingkatkan

Pengendara juga dimudahkan mengaktifkan mobil dengan menekan tombol start-stop engine. Perangkat hiburan sudah didukung audio layar sentuh 9 inci yang mendukung smartphone connection.

Khusus untuk Rocky ADS, juga sudah dibenamkan subwoofer 8 inci, sementara pengaturan AC disajikan dengan tampilan digital yang modern dan nampak serasi bersama tuas transmisi CVT.

Sayangnya modernisasi yang diusung pada interior tak dibarengi dengan material dasbor yang lebih berkualitas. Jangan harap pula ada sentuhan-sentuhan soft touch yang disematkan oleh Daihatsu.

Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88Foto: mobil88 Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88

Baca juga: Truk Listrik New eCanter Bakal Mejeng di GIIAS 2023

Untuk jok, masih dibungkus material kombinasi fabric, namun memang konsepnya cukup menarik lantaran memberikan visual sporty melalui warna gelap yang dipadukan aksen merah.

Saat melihat speedometer mobil warna merah metalik ini baru dikendarai 32.911 km, yang mana termasuk pemakaian normal. Sebab jika lima tahun hitungannya 100.000 km maka Rocky yang Kompas.com jajal berumur dua tahun masih takaran normal.

Rocky yang Kompas.com coba dibanderol Rp 221 juta oleh mobil88, adapun harga baru di situs resmi dipatok Rp 274 jutaan. Kemudian jika dibandingkan di situs jual beli OLX dengan kata kunci "Daihatsu Rocky 1.0 R Turbo ASA" mobil dibanderol mulai dari Rp 212 juta - Rp 230 juta tergantung kondisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com