Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Listrik New eCanter Bakal Mejeng di GIIAS 2023

Kompas.com - 08/08/2023, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) menjadi salah satu Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang menyiapkan diri untuk meramaikan pameran GIIAS 2023.

Jelang dua hari GIIAS 2023, berdasarkan pantauan Kompas.com pada booth Mitsubishi Fuso, telah memasukan beberapa produk andalanya, salah satu truk listrik eCanter versi terbaru, Selasa (8/8/2023).

Unit tersebut merupakan hasil pengembangan generasi terbaru eCanter setelah lima tahun pengoperasian sejak 2017. Pada eCanter generasi terbaru ini sudah dijual di Jepang pada musim semi 2023 dan beberapa negara lainnya.

Diamati perbedaannya, pada eCanter generasi sebelumnya masih berupa prototipe dengan satu pilihan bodi dan box.

Baca juga: Polres Metro Depok Sudah Pakai Sirkuit Baru buat Ujian SIM C

Sementara itu pada generasi terbaru yang nantinya akan mejeng di GIIAS 2023, bagian eAxle dari eCanter punya desain yang lebih ringkas.

Kemudian, generasi terbaru eCanter ini memakai baterai model modular, mulai dari satu sampai tiga baterai bisa dipasang, tergantung wheelbase.

Bila mekakai satu baterai punya kapasitas 41 kWh yang bisa menempuh jarak sekitar 80 Km dari baterai penuh sampai habis.

New Fuso eCanter di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI New Fuso eCanter di GIIAS 2023

Sedangkan untuk dua baterai, bisa menempuh 140 Km. Sementara itu kalau pakai tiga baterai bisa memakai jarak tempuh jadi 200 Km. Truk listrik tersebut juga memakai lampu depan baru yang dilengkapi dengan Intelligent Headlight Control.

Sehingga lampu bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan misalnya pakai pakai lampu dekat atau jauh.

Baca juga: Video Viral Motor Gelimpangan Gagal Lewati Tanjakan Sikut Arah Bromo

Secara desain eksterior, Fuso eCanter punya muka yang berbeda. Kini dilengkapi dengan lampu LED dan DRL di depan serta lampu belakang LED, serta motif Fuso Black Belt yang baru dengan aksen warna oranye dan biru.

Pada bagian kabin, kini didesain dengan mengutamakan kenyamanan mengemudi. Misalnya dasbor yang lebih rendah, layar instrumen LCD 10 inci, sampai model setir yang baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com