Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Didepak Yamaha, Morbidelli Minta Bantuan Valentino Rossi

Kompas.com - 11/07/2023, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim pabrikan Yamaha tampaknya bakal melepas Franco Morbidelli ketika MotoGP 2023 berakhir. Morbideli kabarnya akan diganti dengan pebalap LCR Honda Alex Rins untuk MotoGP 2024.

Saat ini belum diketahui ke mana Morbidelli akan berlabuh bila benar akan didepak Yamaha. Karena tanpa persiapan matang, karier mantan juara dunia Moto2 musim 207 itu bisa berakhir dalam sekejap.

Morbidelli kabarnya langsung meminta bantuan manajemen VR46, khususnya kepada Valentino Rossi.

Baca juga: Bos Mooney VR46 Sindir Pramac Racing, Tim Satelit Rasa Pabrikan

Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo@mj_photogp Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

Valentino Rossi saat ini hanya meminta anak didiknya untuk tetap tenang, kemudian mengerahkan orang-orangnya untuk melakukan pergerakan.

"Aku membicarakan ini dengan Valentino. Vale selalu memberikanku kekuatan," ujar Morbidelli, disitat dari Speedweek (11/7/2023).

Saat ini manajemen VR46 punya beberapa opsi yang bisa dieksplorasi untuk memberikan kursi motor balap ke pebalap berdarah Brasil-Italia ini.

Baca juga: Bakal Diresmikan Jokowi Hari Ini, Simak Rute dan Tarif Tol Cisumdawu

Opsi utama adalah menempatkan Franky ke tim VR46 Racing, sebagai rekan Luca Marini musim depan.

Meski begitu, pilihan ini hanya bisa diwujudkan apabila Bezzecchi promosi ke tim Pramac Racing, seperti yang didengung-dengungkan belakangan ini.

Sementara itu, opsi berikutnya dengan mendekati tim Gresini Racing atau tim LCR Honda, agar mau menerima juara Moto2 2017 ini musim depan.

Baca juga: Bisa Dipakai untuk Umum, Berapa Harga Sewa Sirkuit Mandalika?

Tim Mooney VR46 Ducati merilis motor yang bakal dipakai untuk musim 2023. Foto: MotoGP.com Tim Mooney VR46 Ducati merilis motor yang bakal dipakai untuk musim 2023.

"Kasus Morbidelli punya banyak solusi, semua tergantung keputusan Ducati. Jika mereka memindah Bezzecchi ke Pramac, yang mana menurutku itu sulit, kursi Bezzecchi akan jadi milik Morbidelli," kata pengamat MotoGP, Carlo Pernat, dilansir dari GPOne.

"Jika tidak, mungkin saja ada ke tim Gresini atau LCR. Karena Rins juga pindah dan Lucio Cecchinello (bos LCR) juga berbicara soal peluang merekrut pembalap berpengalaman," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com