Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Biaya Perbaikan Bodi Mobil, dari Cat Duco sampai Bengkel Resmi

Kompas.com - 02/08/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebaik apapun berkendara tetap ada risiko mobil baret dan lecet di jalan. Bisa karena kelalaian sendiri atau orang lain. Kalau mobil sudah baret apalagi penyok, maka mau tak mau mesti ke bengkel body repair.

Pilihan bengkel body repair berbagai macam, mulai dari tipe pinggir jalan, kemudian spesialis body repair yang biasanya juga bengkel ketok magic, sampai dengan bengkel resmi milik diler mobil.

Baca juga: Indonesia Dominasi Pasar Sepeda Motor ASEAN Semester I/2023

Tiap bengkel punya keunggulan sendiri-sendiri, tentu saja biayanya juga berbeda jadi tinggal sesuaikan dengan kantung masing-masing.

Bengkel ketok magic, Ketok Halus 2000Kompas.com/Nanda Bengkel ketok magic, Ketok Halus 2000

Jaya, salah satu tukang cat duco dari Bumi Motor di Martimbang, Jakarta Selatan, mengatakan, biaya bervariasi kata Jaya, tidak ada yang pasti. Semua tergantung dari jenis baret atau luka kemudian juga besar bidang yang mesti diperbaiki.

Baca juga: Indonesia Punya Potensi Jadi Pusat EV di ASEAN

"Misal ada luka cuma 10 cm tapi lukanya dalam bisa lebih mahal daripada yang lebar tapi tidak dalam cuma baret. Itu bisa dinego sih," kata Jaya kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

Bambang Sukoco, pemilik bengkel ketok magic bernama Ketok Halus 2000, di Kemanggisan, Jakarta Barat, mengatakan, biaya perbaikan bodi di bengkel ketok magic mulai dari Rp 100.000.

“Kalau penyoknya hanya sedikit, dan pemilik mau diketok saja biayanya Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per titik. Kalau agak besar (penyoknya) bisa Rp 300.000 sampai Rp 400.000 per titik,” ucap Bambang, saat ditemui Kompas.com di Jakarta Barat.

Cat body mobil rusakDicky Aditya Wijaya Cat body mobil rusak

Biaya tersebut hanya berlaku untuk penyok kecil saja, dan belum termasuk biaya cat.

“Kalau konsumen mau sekalian cat juga bisa, kita hargai Rp 600.000 per panel. Harga tersebut diluar dari perbaikan bodi,” kata Bambang.

Baca juga: Setahun Jualan, Alva Klaim Berhasil Hapus 88,5 Ton Emisi CO2

Nehemia Tigor, pemilik bengkel spesialis body repair Gosyen Auto Garage Care (GAG Care), mematok harga layanan per-panel mobil, misalnya pintu depan kanan, kap mobil, kap bagasi, dan selebihnya.

Biayanya berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 450.000, namun bisa disesuaikan sesuai dengan jenis mobil dan kerusakan yang dialami.

Bengkel body repair BSD Astra menerima semua merek mobil.Foto: Istimewa Bengkel body repair BSD Astra menerima semua merek mobil.

“Itu harga standar, tapi saya selalu menyarankan konsumen untuk membawa dulu mobilnya ke bengkel supaya bisa inspeksi. Boleh jadi kalau rusaknya tidak terlalu parah, harga bisa diturunkan,” kata dia.

Baca juga: Penjualan Mobil Indonesia Terbanyak di ASEAN Semester I/2023

Adapun untuk body repair bengkel resmi paling mahal. Yanto Rudianto, BPI & THS-BP Department Auto2000, biaya untuk pengerjaan per panel bisa tembus Rp 1 juta.

"Biaya body repair kisaran Rp 800.000 sampai Rp 1 juta, untuk satu panel kerusakan ringan sampai medium. Kerusakan ringan contohnya baret, atau penyok dengan ukuran kertas A4 kerusakan medium panel sobek (sampai pelat sobek)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com