Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Naik Bus AKAP Dilarang Bawa Hewan

Kompas.com - 01/08/2023, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Berpergian menggunakan layanan bus AKAP hingga saat ini masih pilihan sebagian masyarakat Indonesia. Ada berbagai kelas layanan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan otobus (PO) dalam layanan bus AKAP.

Kemudian, masing-masing PO biasanya punya kebijakan yang harus dipatuhi penumpang agar perjalanan lebih nyaman. Namun masih banyak yang abai terhadap kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing PO bus.  Misalnya seperti aturan yang melarang penumpang untuk  membawa hewan.

Baca juga: Jalan Tol Trans Sumatera Telah Tersambung 595 Km

Nia, salah satu agen tiket bus PO Sumber Alam di Pasar Minggu mengatakan, setiap penumpang dari bus PO Sumber Alam tidak diperkenankan membawa hewan. 

"Tidak boleh bawa hewan. Paling sering itu penumpang ngotot bawa ayam atau kucing. Bahkan ada juga yang rela mau beli tiket penumpang pada umumnyaa agar hewan mereka bisa dipangku atau duduk di samping pemiliknya. Namun itu tidak boleh," kata Nia kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023). 

Pool bus PO Rosalia Indah di Tajur BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Pool bus PO Rosalia Indah di Tajur Bogor

Menurut Nia, bukan tanpa sebab aturan tersebut diberlakukan. Penumpang yang ngotot atau egois membawa hewan akan menggangu kenyamanan penumpang lain. 

Baca juga: Pemula Coba Main Vespa 2 Tak, Coba Beli Tahun yang Paling Muda

Sama seperti di PO Sumber Alam, PO Rosalia Indah juga menerapkan kebijakan melarang penumpang dilarang membawa hewan.

"Hewan jenis dan ukuran apapun tidak boleh naik bus AKAP di Rosalia Indah. Kita tidak tahu nantinya selama perjalan hewan tersebut akan berbuat ulah seperti apa. Bila menimbulkan kegaduhan akan mengganggu penumpang lain," kata Putri salah satu agen tiket PO Rosalia Indah.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com