Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ini Alasan Kenapa Ujian SIM di Indonesia Dibuat Sulit | Jetbus 5 Tertangkap Kamera Sedang dalam Perjalanan ke BSD

Kompas.com - 30/07/2023, 06:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengenai sulitnya ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia masih jadi berita yang paling banyak dicari oleh pembaca Kompas Otomotif pada Sabtu (29/7/2023).

Pihak Kepolisian akhirnya buka suara mengapa ujian SIM dipersulit atau dibuat sulit, agar masyarakat yang sudah dinyatakan lolos dan boleh memacu kendaraannya di jalan benar-benar memiliki kompetensi mumpuni.

Baca juga: Daftar Harga Sepeda Listrik Murah, mulai Rp 4,1 Jutaan

Kemudian berita mengenai bus baru juga masih menjadi bahasan yang disukai pembaca. Ditengarai karoseri Adi Putro akan melansir Jet Bus 5, salah satu bus paling populer di Indonesia.

Selain itu berita mengenai larangan bocah mengendari sepeda listrik juga salah satu berita dengan jumlah pembaca terbanyak.

Sepeda listrik berbahaya jika digunakan oleh anak-anak, apalagi jika sampai ke jalan raya. Sebab, sudah ada kejadian anak kecil yang meninggal akibat kecelakaan saat mengendarai sepeda listrik.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Sabtu (29/7/2023):

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kesiapan PanselaKEMENHUB Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kesiapan Pansela

1. Ini Alasan Kenapa Ujian SIM di Indonesia Dibuat Sulit

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bila ujian untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) memang sengaja dibuat sulit.

"Sebab jalan itu merupakan daerah yang berbahaya. Naik motor, mobil, di situ ada namanya kecepatan. Kulit dan daging, bertemu aspal. Oleh karena itu, mengapa tak sembarang orang diberikan izin (hanya lulus SIM)," katanya di Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Ujian SIM di Indonesia Dibuat Sulit

Jetbus 5 dari Karoseri Adiputro sedang melakukan perjalananINSTAGRAM/GALLERY-BUS.INDONESIA/FRLDWISPTRA Jetbus 5 dari Karoseri Adiputro sedang melakukan perjalanan

2. Jetbus 5 Tertangkap Kamera Sedang dalam Perjalanan ke BSD

Bus baru Karoseri Adiputro, yakni Jetbus 5 tertangkap kamera sedang dalam perjalanan di tol. Diduga, bus tersebut sedang melakukan perjalanan dari Malang ke Tangerang, di mana GIIAS 2023 berlangsung pada 10-20 Agustus.

Karoseri Adiputro memang mau meluncurkan Jetbus 5 di pameran otomotif tersebut. Kabarnya, akan ada enam unit Jetbus 5 yang dipamerkan, cukup banyak nantinya yang bisa kita lihat pertama kali.

Baca juga: Jetbus 5 Tertangkap Kamera Sedang dalam Perjalanan ke BSD

Soal unit yang tertangkap kamera, tidak bisa terlihat jelas apa saja ubahannya. Namun ditengarai ada ubahan di bagian bumper bawah, spion, sampai bando ditutup dengan stiker kamuflase.

Bengkel DaihatsuADM Bengkel Daihatsu

3. Merasa Dicurangi Bengkel Resmi Saat Servis, Pria Ini Curhat di Media Sosial

Beredar di media sosial video berisi curhatan seorang pemilik mobil yang merasa dicurangi oleh salah satu oknum Servis Advisor (SA) di salah satu bengkel resmi Daihatsu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com