Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulik Desain Mobil Listrik Futuristis Lexus RZ 450e

Kompas.com - 29/07/2023, 17:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil premium dari Toyota Group, yakni Lexus resmi meluncurkan RZ 450e untuk pasar Indonesia di tahun ini, melengkapi jajaran model elektrifikasinya.

Dibanderol Rp 2,287 miliar, kendaraan menawarkan beragam aspek premium seraya futuristik bagi para pecintanya. Hal terkait dapat terlihat langsung pada desain yang diusung.

Pada eksterior mobil misalnya, RZ 450e mengadopsi tema Seamless E-Motion khas Lexus yang tidak hanya berbicara estetika tapi juga fungsi aerodinamika optimal di setiap sudut.

Baca juga: Semua Mobil BMW Bisa Pakai BBM Pertamax Green 95?

Lexus RZ 450eKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Lexus RZ 450e

Lebih jauh, bodi mobil terlihat atletis berkat garis-garis tegas yang disematkan. Lalu dipadukan pula oleh headlamp lancip seperti bilah alias blade.

Pada bagian grill, disematkan juga Spindle Body Concept yang memang didesain khusus untuk jajaran keluarga BEV dari Lexus.

Beralih ke bagian sisinya, seluruh rodanya menggunakan pelek berukuran 20 inci alloy berkelir Dark Premium Metallic. Sementara di bagian belakangnya, terdapat lampu belakang dengan L-Shaped Light Bar dan Unified Lexus Logo yang unik.

RZ 405e menawarkan panjang 4.805 mm, lebar 1.884 mm dan tinggi 1.635 mm. Jarak sumbu rodanya sejauh 2.849 mm. Dimensi ini membuat tawaran bagasinya hadir cukup lapang yakni 988 liter.

Baca juga: Mekanisme yang Bikin Wiper Mobil Selalu Berhenti pada Posisi Tidur

Masuk ke dalam, seperti mobil Lexus pada umumnya, kabin RZ 450e punya tampilan elegan berkat material Ultrasuede BX yang membungkus hampir di semua sudut.

Selain itu, pabrikan juga merancang ruang interior dengan aspek human-centered yang mana hal ini terlihat pada fitur dan teknologi berorientasi pada penghuni kabin.

Sementara pada bagian cokcpit, Lexus RZ 450e menerapkan Tazuna Concept yang meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan sehingga memudahkan mengoperasikan sejumlah fitur saat berkendara.

Selain itu kehadiran panoramic glass room yang membentang dari atap baris pertama hingga kedua membuat kesan lapang pada interior lebih terasa.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Ujian SIM di Indonesia Dibuat Sulit

Lexus RZ 450eKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Lexus RZ 450e

Lexus menawarkan sound system racikan Mark Levinson 13 speaker untuk pengalaman hiburan premium di kabin. Head unit berukuran 14 inci jadi perhatian utama di dasbor futuristik.

Head unit ini dilengkapi sambungan telepon genggam, baik Apple maupun Android, serta sebagai sambungan fitur telematik Lexus App. Layar digital juga bisa ditemui di meter cluster berukuran 10 inci yang ampu menampilkan beragam informasi.

Pada sisi-sisinya, tersedia pula Shadow Illumination Door Trim yang memberikan kesan yang lebih segar dan merepresentasikan sustainability yang merupakan bagian dari Lexus EV.

Mengusung konfigurasi 5-penumpang, Lexus RZ 450e juga telah dibekali dengan fitur Radiant Heating atau penghangat untuk area kaki pengemudi dan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com