Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekanisme yang Bikin Wiper Mobil Selalu Berhenti pada Posisi Tidur

Kompas.com - 29/07/2023, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Wiper merupakan salah satu komponen mobil yang krusial, menyangkut keselamatan berkendara terutama saat hujan. Mekanisme wiper juga unik, bisa terjaga tidur saat saklar dimatikan. 

Kalau pada mobil jadul, biasaya mekanisme ini belum tersedia. Memungkinkan poisi wiper tetap berdiri kalau saklar dimatikan pada waktu yang tidak tepat. Kalau begini, justru dapat menghalangi pandangan pengemudi.

Pada mobil modern sudah dilengkapi fitur khusus agar wiper berhenti selalu pada posisi yang benar. Seperti apa gambaran fitur tersebut?

Baca juga: Ini Penyebab Sapuan Wiper Kaca Mobil Tak Optimal

Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kacaDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kaca

Mekanik Aha Motor Yanto mengatakan jika diperhatikan mobil-mobil modern sudah tidak akan menjumpai kesulitan semacam itu karena wiper selalu kembali pada posisi tidur.

“Meski pengemudi mematikan wiper dengan sakelar tidak bertepatan pada saat wiper menutup, maka wiper akan berhenti dengan benar secara otomatis, tidak seperti mobil-mobil jadul,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Sabtu (29/7/2023).

Yanto mengatakan wiper pada mobil-mobil modern sudah dilengkapi motor wiper yang lebih unik karena di dalamnya terdapat sakelar otomatis dengan sistem mekanis.

Baca juga: Kontradiksi, Angkat Wiper Bikin Karet Awet Tapi Pegas Cepat Rusak

Di dalam motor wiper ada sakelar tambahan berupa stop position agar wiper selalu berhenti pada posisi yang benar.Tangkapan layar Di dalam motor wiper ada sakelar tambahan berupa stop position agar wiper selalu berhenti pada posisi yang benar.

Dengan demikian, ketika pengemudi memindahkan sakelar wiper ke posisi off sebenarnya sakelar pada motor wiper masih aktif hingga sampai pada posisi yang diperbolehkan untuk off.

“Sakelarnya berupa logam kuningan berbentuk melingkar dengan jeda, namanya stop position, sehingga ketika motor wiper belum menemukan jedanya, motor akan terus berputar,” ucap Yanto.

Yanto mengatakan sakelar tersebut mendukung fitur mist pada wiper sehingga pengemudi bisa mengaktifkan wiper sekali putar saja dengan sekali pencet tombol.

Baca juga: Bolehkah Air Wiper Diisi Sabun Mandi atau Sampo?

simbol pada tuas sakelar wiperKompas.com/Erwin Setiawan simbol pada tuas sakelar wiper

“Fitur mist akan membuat pengemudi bisa mengaktifkan wiper sekali, setelah menaikkan sakelar secara otomatis pegas akan mengembalikan ke posisi awal, tapi wiper akan melanjutkan pergerakannya satu kali siklus menyapu kotoran,” ucap Yanto.

Dengan adanya tambahan saklar tersebut, kini wiper kaca mobil selalu berhenti pada posisi yang benar tanpa membutuhkan skill pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com