Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mudik Lebaran Pakai Mobil, Cek Dulu Kondisi Air Wiper

Kompas.com - 10/04/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Air semprotan wiper atau washer merupakan bagian dari pelengkap fitur mobil, khususnya pada kaca depan. Fitur ini ada sejak zaman dulu hingga sekarang karena memang dibutuhkan pada kondisi tertentu saat berkendara.

Meski tidak selalu dibutuhkan, pada kondisi tertentu air semprotan washer ini sangat berguna demi menjaga kebersihan kaca depan. Seperti yang diketahui, kotoran dapat menghalangi memecah konsentrasi bahkan menghalangi pandangan pengemudi.

Maka dari itu, sebelum mudik lebaran penting sekali memastikan air wiper cukup agar pengemudi dapat dengan mudah membersihkan kaca yang kotor.

Baca juga: Semprotan Nozzle Air Wiper Lemah, Coba Bersihkan Pakai Jarum

Wiper mobilAuto2000 Wiper mobil

Pemilik INF Auto Service Depok Fendi Pamungkas mengatakan, meski terkesan sepele air semprotan wiper ini fungsinya cukup penting, terutama dalam hal menjaga pandangan pengemudi agar tetap baik.

Semprotan air wiper berguna ketika kaca depan terkena kotoran atau debu, ketika kondisi lingkungan kering maka kaca perlu dibasahi terlebih dulu untuk dibersihkan dengan wiper, jika tidak maka kaca justru akan buram karena sapuan wiper,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Sabtu (25/3/2023).

Kaca depan juga biasanya butuh dibilas ketika terkena air lumpur atau genangan air setelah hujan di jalan, menurut Fendi sapuan wiper saja tidak akan mampu membersihkan kaca depan dengan optimal.

Baca juga: Bahaya, Jangan Nyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering

Angkat wiper kaca mobil Ilustrasi Wiper Kaca Mobil Angkat wiper kaca mobil

“Air semprotan wiper juga berguna ketika di pagi hari, biasanya kondisi udara luar dingin dan berembun, sehingga embus bisa saja membasahi area luar kaca depan, jika disapu dengan wiper saja kadang tidak bisa bersih,” ucap Fendi.

Dia mengatakan biasanya air semprotan wiper bisa habis meski tidak digunakan sehingga pemilik mobil perlu waspada dan memperbaiki kerusakannya.

“Kalau air washer habis tapi tidak digunakan, itu pasti ada yang bocor, bisa jadi dari tangkinya pecah, motor washer-nya rusak, dudukan motor washernya kendor atau selang washernya sobek,” ucap ucap Fendi.

Baca juga: Nozel Wiper Tersumbat, Coba Bersihkan dengan Cara Ini

Maka dari itu, saat melakukan servis kendaraan di bengkel pastikan bahwa komponen ini benar-benar sudah diperiksa. Jangan sampai air semprotan wiper ini bisa habis sendiri padahal belum digunakan.

Dengan memastikan air washer tercukupi maka gangguan di jalan berupa kaca depan yang kotor akan lebih berkurang. Sehingga, perjalanan selama mudik menjadi lebih nyaman dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com