Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Merawat Wiper Mobil Supaya Awet dan Tahan Lama

Kompas.com - 02/04/2023, 19:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper memiliki peran penting untuk membersihkan kaca depan mobil dan menjaga visibilitas pengendara. Supaya performanya maksimal, komponen ini harus selalu dirawat.

Ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan pengguna supaya wiper mobil tidak cepat rusak dan memiliki usia pemakaian panjang.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, sejatinya wiper adalah salah satu komponen mobil yang tidak memiliki umur penggunaan tetap. Artinya, selama wiper masih bagus, komponen ini masih bisa dipakai.

“Ada tiga tips perawatan dasar supaya wiper berumur panjang. Tips ini gampang dilakukan, cuma butuh konsistensi saja,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Air Jordan Wuling Alvez Kolaborasi Urban Sneaker Society

Angkat wiper kaca mobil Ilustrasi Wiper Kaca Mobil Angkat wiper kaca mobil

1. Pertama adalah selalu mengangkat wiper saat mobil sedang diparkir di area outdoor alias luar ruangan. Langkah ini bisa menjaga kualitas karet pada bagian wiper blade.

“Bahan dasar wiper kan karet, kalau dijemur dan sering kepanasan, karetnya bisa getas dan pecah-pecah. Jadi sebaiknya wiper diangkat waktu parkir di luar,” kata Noval.

Dia menambahkan, mengangkat wiper adalah SOP umum yang selalu diterapkan bengkel resmi dan sangat bisa dicontoh oleh pengguna mobil.

2. Kedua adalah tidak selalu mengandalkan wiper untuk membersihkan noda berat seperti tumpukan debu atau kotoran lainnya.

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Bisa Boros BBM

Ilustrasi mobil kotor dan dipenuhi debu setelah lama tidak digunakanIstimewa Ilustrasi mobil kotor dan dipenuhi debu setelah lama tidak digunakan

“Kalau mobil lama enggak dipakai, biasanya kan ada tumpukan debu di bagian kaca depan. Sebaiknya debu itu dibersihkan manual saja menggunakan sabun dan kanebo, jangan mengandalkan wiper,” ujar Noval.

3. Ketiga adalah sangat dianjurkan untuk pengguna menggunakan wiper fluid atau cairan pembersih kaca khusus untuk memperlancar sapuan wiper.

Pengguna tidak disarankan menggunakan air keran sebgai wiper fluid karena selain berisiko menyumbat nozzle wiper, air keran tidak bisa memberikan pelumasan maksimal untuk membantu wiper.

“Karena air keran tidak mengandung sabun, noda dan debu di kaca mobil tidak akan bisa bersih maksimal. Ini bisa memperberat kerja wiper, bahkan bisa bikin kaca mobil baret,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com