Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Penumpang Bus Hilang Laptop Ditukar Buku, Ini Kode Sopir kalau Ada Copet

Kompas.com - 25/07/2023, 15:29 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pengalaman kurang menyenangkan kembali terjadi menimpa salah satu penumpang bus AKAP. Kali ini terjadi pada penumpang bus AKAP dari layanan PO Sinar Jaya trayek Lebak Bulus-Wonosobo yang kehilangan barang bawaan berupa laptop.

Kejadian tersebut diceritakan oleh korban melalui konten video Tiktok milik @arieskadr. Pada video tersebut, korban menceritakan bahwa laptopnya yang ditaruh di bagasi kabin ditukar menjadi buku akuntansi. 

Penumpang bus Sinar Jaya layanan kelas suites family atau bangku model selonjoran itu tidur selama perjalanan dan tidak menyadari ada yang mengganti laptopnya dengan buku.

Menurut saksi, ada seorang bapak yang dicurigai sebagai pelaku pencuri laptop karena beberapa kali terlihat membawa selimut sambil meraba-raba bagian bagasi kabin. 

Baca juga: Korlantas Polri Terima Kendaraan Listrik Baru untuk Patroli

Menanggapi video tersebut, Junet, salah satu sopir bus dari PO Garuda Mas, menyayangkan bahwa ada layanan bus AKAP yang sampai meloloskan copet untuk bisa menyamar jadi salah satu penumpang. 

"Kalau di PO Garuda Mas sendiri belum pernah alami kejadian tersebut karena setiap ada penumpang yang mecurigakan kru itu tahu tanda-tandanya. Lalu, kru kami akan langsung koordinasi dengan sesama kru PO Garuda Mas untuk menangkap copet tersebut. Bahkan, tidak akan kita izinkan naik bus kalau dari awal bila terlihat mecurigakan meski dia sudah beli tiket. Kita tanya-tanya dulu dia sebelum berangkat," kata Junet kepada Kompas.com saat ditemui di pool bus Ciawi, Selasa (25/7/2023). 

Junet sopir bus AKAP dari PO Garuda MasKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Junet sopir bus AKAP dari PO Garuda Mas

Menurut Junet, copet atau maling di bus AKAP menyerupai penumpang bus pada umumnya.

Biasanya copet tidak punya tujuan yang jelas akan turun di mana, lalu tatapan matanya bukan lihat pemandangan jalan, melainkan cenderung tertuju pada penumpang lain yang akan menjadi targetnya. 

Begitu penumpang lain yang telah menjadi targetnya sedang lengah, copet akan beraksi mengambil barang penumpang lain.

Baca juga: Viral Video Penumpang Pakai Toilet Saat Bus Berhenti

"Kalau dari mata, pandangan mereka itu akan fokus pada satu penumpang yang telah menjadi targetnya sejak pertama kali mau masuk bus. Biasanya nanti kru kami akan langsung membisikkan penumpang tersebut agar lebih waspada. Kemudian, kami tarik dan interograsi orang mencurigakan tersebut. Kalau benar dia copet, akan langsung kami proses," kata Junet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com