Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Listrik Makin Banyak, PLN Jawa Barat Berencana Tambah SPKLU

Kompas.com - 24/07/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menimbang adanya pertambahan jumlah kendaraan listrik, khususnya jenis roda dua, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jawa Barat berencana menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Sejauh ini, PLN UID Jabar memegang jumlah persebaran SPKLU terbanyak, yakni 114 titik yang tersebar di wilayah kerja.

Sebagai informasi, total persebaran SPKLU Nasional sejauh ini berjumlah 616 unit. Artinya, PLN UID Jawa Barat menyumbang sekitar seperenam dari jumlah total.

Angka tersebut juga diproyeksikan bertambah, selambat-lambatnya sebelum tahun 2024. Hal itu diungkapkan Susan Khaerany, Account Executive PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3).

Baca juga: Mengenal SMEV, dari Industri Kustom Motor jadi Pabrikan Motor Listrik

Rombongan pengguna motor listrik melakukan pengisian daya dengan charger bawaan di pos SPKLU PLNKOMPAS.com/daafa Rombongan pengguna motor listrik melakukan pengisian daya dengan charger bawaan di pos SPKLU PLN

“Titik-titik lokasi yang direncanakan untuk SPKLU baru sebetulnya sudah ada dan masuk ke dalam agenda. Selanjutnya, masuk ke tahap perencanaan dan diskusi dengan pihak-pihak terkait,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (24/7/2023).

Susan menambahkan, PLN tidak bisa bergerak secara independen dalam hal realisasi penambahan SPKLU. Harus ada koordinasi lebih lanjut dengan Pemprov, Pemkot, serta Dishub.

“Karena ada pembahasan seputar anggaran, waktu dan durasi pembangunan, dan lain sebagainya. Jadi harus ada koordinasi yang sesuai dengan instansi dan para stakeholder yang terlibat,” ujarnya.

Berkenaan dengan hal itu, dirinya mengaku belum bisa membagikan data terkait berapa banyak unit SPKLU baru yang akan didirikan di Jawa Barat, serta kapan tanggal pasti pembangunannya.

Baca juga: Estimasi Biaya Upgrade Baterai Motor Listrik

Pengguna motor listrik berama-ramai melakukan pengisian daya di SPKLUKOMPAS.com/daafa Pengguna motor listrik berama-ramai melakukan pengisian daya di SPKLU

Kendati demikian, Susan menjelaskan jika PLN UID Jawa Barat telah melakukan pembangunan SPKLU secara sporadis pada tahun lalu, tepatnya saat Hari Listrik Nasional tanggal 27 Oktober 2022.

Pada hari itu, diresmikan sebanyak 95 unit SPKLU secara serentak di titik-titik area protokoler Jawa Barat.

Susan mengatakan, ada potensi situasi serupa akan terjadi pada saat perayaan Hari Listrik Nasional tahun 2023. Namun hal itu masih sebatas spekulasi.

“Pastinya akan ada pemberitahuan jika hal itu akan direalisasikan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com