Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Bertenaga, XL7 Hybrid atau Terios Facelift?

Kompas.com - 24/07/2023, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengulik desain dan harga, giliran membandingkan sisi performa Daihatsu Terios facelift dan XL7 Hybrid yang sama-sama bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Hadir dengan penyegaran luar dalam serta tambahan fitur, Daihatsu masih mempertahankan Terios facelift dengan mesin 2 NR-VE Euro IV DOHC Dual VVT-i yang memiliki kapasitas mesin 1.496 cc.

Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga 104 Ps atau 102,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi 136,3 pada 4.200 rpm yang disalurkan via transmisi AT konvensional 4 percepatan ke penggerak roda belakang.

Baca juga: Adu Visual Daihatsu Terios Vs Suzuki XL7 Hybrid, Siapa Lebih Menarik?

Suzuki XL7 HyrbridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki XL7 Hyrbrid

Terios dan Rush memang menjadi salah satu LSUV yang sampai saat ini tetap menawarkan penggerak roda belakang.

Beda dengan kebanyakan kompetitor yang sudah beralih ke penggerak depan, salah satunya seperti Suzuki XL7.

Untuk suspensi, Terios mengandalkan McPeherson Strut dengan per keong serta stabilizer di bagian depan, serta 5 link, rigid axle dengan per keong dan stabilizer untuk bagian belakang.

Sementara untuk Suzuki XL7, meski sudah mengadipsi teknologi mild hybrid, tapi urusan mesin juga tak berubah dengan kode K15B berkapasitas 1.462 cc.

Baca juga: Hitung Keuntungan Investasi Mobil Baru buat Rental

Mesin tersebut diklaim mampu memproduksi tenaga hingga 104,7 Ps atau 103,2 tk pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sebesar 138 Nm di putaran 4.400 rpm.

Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Hybrid

Sama dengan Terios, transmisi matiknya masih menggunakan konvensional 4 percepatan. Bedanya, XL7 Hybrid sudah mengusung penggerak roda depan yang biasanya lebih responsif di putaran bawah.

Bagi yang penasaran apakah teknologi SHVS yang digunakan XL7 berperan menambah tenaga, jawabannya tidak. Hal ini lantaran tidak adanya komponen motor listrik pada mild hybrid, bisa dibilang fokusnya lebih ke efisiensi bahan bakar dan menekan gas buang.

Meski demikian, SHVS bisa menambah tenaga pada putaran bawah saat berakselerasi sehingga meringankan kerja mesin yang berujung pada penekanan penggunaan bahan bakar. Apalagi kapasitas baterai litium juga lebih besar dari Ertiga Hybrid.

Baca juga: Komparasi Harga XL7 Hybrid dan Terios Facelift

Bila dibandingkan, jelas secara teknologi XL7 Hybrid lebih punya tawaran yang menarik dengan iming-iming keiritan bahan bakar. Tenaga dan torsi juga unggul tipis dari Terios.

Daihatsu Terios faceliftADM Daihatsu Terios facelift

Namun dari sisi fitur penunjang berkendara, seperti engine auto stop untuk mematikan mesin sesaat saat kondisi macet sebenarnya juga sudah dimiliki Terios, termasuk hill start assist, stability control, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com