Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge Jadul Honda VTZ 250 Lama Telantar, Kini Mau Dilepas Rp 50 Juta

Kompas.com - 24/07/2023, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Zaman dulu untuk memiliki sebuah motor gede alias moge butuh perjuangan tersendiri. Tidak seperti sekarang di mana banyak APM mulai menawarkan mogenya dengan berbagai promosi.

Oleh sebab itu, populasi moge pada zaman dulu terbilang sedikit sekali. Salah satunya seperti Honda VTZ 250, salah satu moge jadul yang cukup langka di Indonesia.

Informasi keberadaan VTZ 250 terpantau dari akun TikTok @bbondamn, yang dimiliki seorang mekanik asal Surabaya, Jawa Timur, bernama Bondan Langgeng.

 Baca juga: Ingat Kembali, Beda Sanksi Tidak Punya dan Tidak Bawa SIM

@bbondamn MOGE GHOIB part 2 masih panjang perjalanan #hondavtz250 #mogejadul #mogelawas #fypdong ? suara asli - bondan

“Itu motor Honda VTZ 250, 2 silinder, 6 speed. Info dari pemiliknya dongkrok dari 2009 karena enggak ada yang pakai,” ujar Bondan, kepada Kompas.com (23/7/2023).

Awalnya, Bondan mendapat info dari temannya kalau ada motor yang mangkrak sejak tahun 2009. Info dari pemiliknya, motor ini hanya 10 unit di Indonesia.

Saking lamanya didiamkan, motor pun dipenuhi debu dan sarang laba-laba. Tidak hanya itu, kabel-kabel bodi juga sudah hancur dimakan tikus karena lama telantar.

Baca juga: Korban Rubicon Arogan di Jalan Tol, Sempat Lapor ke Polsek tapi Disuruh ke Polres

Bondan akhirnya diminta untuk melakukan restorasi atau memperbaiki kerusakan dan mengembalikan kondisi moge jadul itu seperti semula.

Motor pun dibawa pulang oleh Bondan. Sebelumnya motor dicuci dulu sampai bersih. Bahkan Bondan juga harus membuat lagi kunci-kuncinya karena kunci bawaan motor sudah hilang.

“Info dari pemiliknya juga motor itu dari Jepang. Perintil-perintilannya masih ada, made in Japan semua, sampai ban-bannya. Alhamdulillah sudah nyala, rencana motor akan dibiarkan standar,” ucap Bondan.

Baca juga: Uji Kekuatan Motor Listrik, Komunitas Ini Touring Sejauh 130 Km

Ilustrasi moge jadul Honda VTZ 250Dok. webike.id Ilustrasi moge jadul Honda VTZ 250

“Dan rencana kalau sudah rapi akan dijual. Saat ini belum ada penawaran, rencana buka harga Rp 50 juta, minus surat-surat sudah hancur alias no papper,” kata dia.

Sebagai informasi, Honda VTZ 250 merupakan moge asal Jepang yang meluncur sekitar tahun 1988.

Selain itu ada juga tipe naked bike VTR 250 dengan spesifikasi serupa, yang dipasarkan di Amerika dan Eropa.

Mesin 250 cc V-twin milik VTZ 250 kabarnya mampu hasilkan tenaga 40 PS atau setara 38 Tk pada 12.000 rpm dan torsi 25,5 Nm pada 9.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com