Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Motor Bekas yang Lagi Laku di Pasaran

Kompas.com - 22/07/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar motor bekas menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencari motor dengan dana terbatas. Dari sekian model yang tersedia, ada beberapa motor seken yang sering dicari oleh konsumen.

Lantaran banyak yang mengincar, harga motor-motor bekas ini relatif stabil harganya. Depresiasi atau penyusutan harganya terbilang kecil dibandingkan tipe motor lain.

“Saat ini Beat, Vario, Nmax, dan PCX, harganya paling bertahan,” ujar Zeith Haris, pemilik diler motor bekas Pendawa Motor di Condet, Jakarta Timur, kepada Kompas.com (20/7/2023).

Baca juga: Duduk Perkara AHM Digugat Merek Sepeda Trek Asal Amerika Serikat

Skutik gambot alias skutik besar seperti Honda ADV, Honda PCX, Yamaha Aerox, dan Yamaha NMAX diminati di pasar motor bekasKOMPAS.com/daafa Skutik gambot alias skutik besar seperti Honda ADV, Honda PCX, Yamaha Aerox, dan Yamaha NMAX diminati di pasar motor bekas

Dari segmen skutik entry level misalnya, selisih harga Honda Beat dan Yamaha Mio keluaran tahun yang sama bisa mencapai Rp 4 jutaan sampai Rp 5 jutaan. Lalu di kelas skutik bongsor, selisih harga Yamaha Nmax dan Honda PCX tahun yang sama sekitar Rp 2 jutaan.

Menurut Zeith, Beat tahun 2017 di pasaran banyak ditawar sekitar Rp 12 jutaan, sementara Mio produksi tahun serupa paling Rp 8 jutaan.

Adapun Nmax 2021 saat ini memiliki harga pasaran Rp 27 jutaan sampai Rp 28 jutaan. Sedangkan PCX tahun sama bisa tembus Rp 29 jutaan hingga Rp 30 jutaan.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Alphard Generasi Terbaru, Ada Varian Hybrid

“Secara umum, motor Honda harganya lebih bertahan daripada Yamaha,” kata Zeith.

Hal senada turut dirasakan, Yosia Hermanto, pemilik diler motor bekas Talenta Motor di Palmerah, Jakarta Barat. Menurutnya, penurunan harga skutik Honda tidak sebanyak merek lainnya.

"Beat meskipun sudah tahun berapa, harganya segitu-segitu saja, kalau ada penurunan juga enggak banyak. BeAT 2020 pasarannya masih tinggi, di bawah Rp 15 juta, Rp 14 juta juga masih berani (jual)," ucap Yosia, pada kesempatan terpisah.

Baca juga: 7 Bulan Berjuang, Pria Ini Dapat Ganti Rugi Usai Mobil Hilang di Hotel

Ilustrasi Kawasaki Ninja R 150 warna kuningKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Kawasaki Ninja R 150 warna kuning

Motor lain yang harga bekasnya stabil adalah motor bermesin dua tak. Yosia memberi contoh Kawasaki Ninja, apalagi yang klasik atau lansiran lama.

“Motor dua tak juga sekarang harganya di luar pasaran, semau dia aja, kayak Ninja, harganya sudah bisa Rp 20 juta lebih, apalagi model Ninja old, itu lebih mahal," kata Yosia.

Begitu juga untuk Vespa matik, skutik yang cukup ramai ditemui di jalanan ini punya harga seken yang stabil. Contoh seperti di diler milik Yosia, Vespa Matik lansiran 2018 masih laku dijual Rp 40 jutaan.

"Barunya kan hampir Rp 50 juta, dijual Rp 40 jutaan masih laku. Vespa dua tak lebih mahal lagi," kata Yosia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com