Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner Sudah Buktikan Motor MotoGP Tanpa Winglet Tetap Kompetitif

Kompas.com - 22/07/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Casey Stoner termasuk salah satu pebalap yang menginginkan winglet dan perangkat aerodinamika dihapus dari MotoGP. Sebab, dia sendiri sudah mencoba langsung motor MotoGP tanpa winglet.

Untuk diketahui, Stoner pernah menjadi pebalap tes untuk Ducati pada 2016. Saat itu, dia berkesempatan mencoba Desmosedici GP16 dengan dan tanpa winglet.

Baca juga: Stoner Tertarik Bergabung dengan MotoGP, Siap Bikin Perubahan

Dia menjajal GP16 pada sesi tes resmi MotoGP di Red Bull Ring, Austria. Tapi, yang mengesankan, pebalap Australia ini berhasil finis di urutan keempat, hanya tertinggal 0,7 detik dari pebalap lain.

Pebalap penguji Ducati Team asal Australia, Casey Stoner, melambai saat melakukan tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, Senin (30/1/2017).CRASH.NET/TWITTER Pebalap penguji Ducati Team asal Australia, Casey Stoner, melambai saat melakukan tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, Senin (30/1/2017).

"Selama saya di Ducati, saya membuktikan bahwa komponen aerodinamis tidak diperlukan. Tanpa chicane baru, Red Bull Ring adalah trek di mana aerodinamika memberikan keuntungan paling besar," ujar Stoner, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (21/7/2023).

"Atas permintaan saya, kami menguji kedua konfigurasi tersebut. Saya hanya 0,1 detik lebih lambat tanpa winglet, tanpa kami menyesuaikan set-up dengan geometri yang berubah," kata Stoner.

Baca juga: Ini Rahasia Casey Stoner Bisa Kencang Geber Motor Ducati dan Honda

Menurut Stoner, pebalap bisa belajar bagaimana mempertahankan ban depan tetap menyentuh aspal tanpa bantuan winglet. Stoner mengatakan, caranya bisa dengan pergantian gigi yang cepat atau dengan bantuan rem belakang.

Casey Stoner saat menjalani tes bersama Ducati di Red Bull Ring, Austria.Motorsport.com Casey Stoner saat menjalani tes bersama Ducati di Red Bull Ring, Austria.

"Saat ini, pebalap bahkan tidak diperbolehkan menggunakan kopling, karena akan menghalangi sistem elektronik. Anda harus mengembalikan kendali motor kepada pebalap agar berkendara dengan slide dan wheelie menjadi spektakuler lagi," ujarnya.

"Satu-satunya aksi saat ini adalah manuver menyalip saat pengereman. Tidak ada lagi yang mendapat keuntungan dari akselerasi yang lebih baik saat keluar dari tikungan atau kesalahan dari selip roda belakang. Hal ini perlu diubah," kata Stoner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com