Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Casey Stoner Bisa Kencang Geber Motor Ducati dan Honda

Kompas.com - 01/12/2022, 16:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Casey Stoner merupakan mantan pebalap MotoGP yang memiliki talenta luar biasa. Hal tersebut juga diakui oleh mantan kepala mekaniknya, Cristian Gabarrini, yang sekarang bekerja untuk Francesco Bagnaia.

Gabarrini pernah menjadi kepala mekanik Stoner pada 2007 saat pebalap Australia tersebut menjadi juara dunia MotoGP bersama Ducati. Lalu, dia juga membantu Stoner menjadi juara dunia lagi pada 2011 bersama Honda.

Baca juga: Perbedaan Sikap Pecco dan Stoner di Ducati, Stoner Disebut Lebih Kasar

Gabarrini mengungkapkan bahwa Stoner memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengendalikan Desmosedici GP7. Saat itu, semua motor memiliki kapasitas mesin 800 cc.

Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Dengan regulasi yang baru, jumlah kapasitas bahan bakar yang diperbolehkan berkurang dari 22 liter menjadi 21 liter. Sehingga, motor membutuhkan efisiensi dan kontrol gas yang lebih baik.

"Pada saat itu, elektronik belum berkembang seperti sekarang ini. Jadi, apa yang kami lakukan adalah tidak tergantung dengan elektronik," ujar Gabarrini, dikutip dari Motorsport.com, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Raih Podium Kedua di GP Australia, Marquez Akui Tiru Gaya Balap Stoner

Menurut Gabarrini, kemampuan Stoner dalam buka tutup gas lebih efektif dibandingkan menggunakan elektronik pada masa itu. Bukan hanya saat di Ducati, ketika di Honda pun dia tetap bisa melakukannya.

Casey Stoner.Crash.net Casey Stoner.

"Ketika Casey datang ke Honda, dia minta untuk memegang sebagian besar kendali gas, dan bagaimana itu berkomunikasi dengan mesin. Pada saat itu, dia lebih efektif karena bisa memotong lebih awal akselerasi dibandingkan elektronik," katanya.

Gabarrini mengatakan, kendali Stoner atas gas merupakan kunci utama dalam efisiensi bahan bakar. Sehingga, performanya lebih unggul dibandingkan pebalap lainnya.

Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, melakukan selebrasi usai menjuarai GP Australia, Minggu (28/10/2012).AFP/WILLIAM WEST Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, melakukan selebrasi usai menjuarai GP Australia, Minggu (28/10/2012).

"Ducati di 2007 merupakan motor yang ekstrem, dengan mesin yang sangat bertenaga, tapi hampir tidak bisa dikendarai. Mesinnya sangat haus bahan bakar," ujar Gabarrini.

"Selama bertahun-tahun, manajemen mesin terus diperbaiki, dan itulah mengapa Ducati sekarang menjadi salah satu motor terbaik di grid," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.