Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Luncurkan Angkutan Perintis dari Pangandaran sampai Sukabumi

Kompas.com - 21/07/2023, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  DAMRI hadirkan layanan bus sebagai angkutan perintis di wilayah Jawa Barat bagian selatan pada lima kabupaten. Kelima kabupaten tersebut ialah  Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur dan Sukabumi.

Nantinya angkutan perintis dari DAMRI akan melayani beberapa rute perjalanan seperti Pelabuhan Ratu, Sagaranteun, Surade, Tegal Buleud, Sindang Barang, Pameumpeuk, Cipatujah, dan Pangandaran.

Layanan angkutan perintis sendiri bertujuan menunjang mobilisasi masyarakat di Jawa Barat dalam melakukan perjalanan daerah satu ke daerah lainnya dengan menggunakan transportasi umum.

“DAMRI menyediakan empat rute layanan perintis,” kata Plt. Corporate Secretary DAMRI Lishna Nurul Hikmah keterangan resmi, Jumat (21/7/2023). 

Baca juga: Truk Tangki Pertamina dan Truk Ekspedisi Adu Banteng di Kalimantan

Berikut jadwal layanan dan tarif angkutan perintis DAMRI untuk wilayah Jawa Barat bagian selatan :

1. Sagaranteun - Pelabuhan Ratu PP

Berangkat dari Sagaranteun maupun Pelabuhan Ratu pukul 07.00, 12.00, 17.00, dan 22.00 WIB dengan rute yang dilalui yaitu Sagaranteun - Pabuaran - Sirnasari - Bojong Haur - Lengkong - Kiara Dua - Pelabuhan Ratu. Harga tiket Rp 50.000. 

2. Sindang Barang - Pangandaran PP

Berangkat dari Sindang Barang maupun Pangandaran pukul 07.00 dan 09.00 WIB. Rute yang dilalui dari Sindang Barang yaitu Sindang Barang - Cidaun - Pameumpeuk - Cipatujah - Cimanuk - Cijulang - Pangandaran. Sedangkan rute yang dilalui dari Pangandaran yaitu Pangandaran - Cijulang - Cimanuk - Cipatujah - Pameumpeuk - Ranca Buaya - Cidaun - Sindang Barang. Harga tiket Rp 20.000 - Rp 85.000.

3. Sagaranteun - Tegal Buleud PP

Berangkat dari Sagaranteun maupun Tegal Buleud pukul 07.00 dan 12.00 WIB, dengan rute yang dilalui yaitu Sagaranteun - Ciguyang - Cipamingkis - Cilodog - Rambay - Karang Anyar - Tegal Buleud. Harga tiket Rp40.000.

Bus DAMRI untuk layanan angkutan perintis di SukabumiDAMRI Bus DAMRI untuk layanan angkutan perintis di Sukabumi

Baca juga: Modifikasi Motor Listrik, Bukan Sekadar Upgrade Baterai

4. Sagaranteun - Surade

Berangkat dari Sagaranteun maupun Surade pukul 07.00, 12.00, dan 16.30 WIB, dengan rute yang dilalui yaitu Sagaranteun - Cisagu - Bangbayang - Caringin - Kali Bunder - Cimanggu - Jampang Kulon - Surade. Harga tiket Rp 30.000.

“DAMRI berharap hadirnya angkutan perintis di wilayah Sukabumi dan sekitarnya mampu menunjang mobilisasi masyarakat dalam melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain,” kata Lishna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com