Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain Mobil Klasik Membutuhkan Komitmen Tinggi

Kompas.com - 21/07/2023, 12:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memiliki mobil klasik atau retro merupakan suatu kesenangan tersendiri. Selain demi tampilan yang berbeda, punya mobil klasik biasanya menyimpan banyak cerita.

Kini, seiring bertambahnya waktu, jenis mobil berusia 30-50 tahun lebih terkait kembali mulai digemari anak-anak muda. Sebut saja Toyota Corolla DX, Honda Civic Wonder, sampai BMW 318i E30.

Sebelum lebih jauh untuk memutuskan membeli mobil klasik, pemilik dari Kedai Built-Up Helmie Sarosa menyatakan, penting bagi pengguna untuk memikirkan dan mematangkan komitmennya terlebih dahulu.

Baca juga: Motor Listrik Bekas Jarang Ada di Diler, Cuma Jual Perorangan

Ilustrasi Corolla DX Station WagonOtomotifnet Ilustrasi Corolla DX Station Wagon

"Memang secara umum, mengurusnya tidak jauh berbeda dengan mobil biasa. Tapi karena beberapa komopnen tidak lagi disediakan diler, kita harus hunting. Jadi lebih baik memiliki kenalan dulu," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (16/7/2023).

Mengingat, walaupun secara tampilan mobil klasik masih mulus, namun sektor dalamnya pasti sudah termakan usia. Sehingga, membuat pemilik harus lebih sering memperhatikan mobil.

"Saat memutuskan memelihara mobil klasik, berarti sudah berkomitmen untuk meluangkan waktu sedikit banyak untuk memperhatikan kondisinya. Seperti rajin cek oli, radiator, dan segala macam," kata Helmie.

Baca juga: WNA Slovakia Keliling Dunia Pakai Motor Listrik Dimulai dari Indonesia

Dalam kesempatan terpisah, pecinta dan kolektor mobil BMW klasik Syarel Titaley juga mengatakan, bahwa pencarian komponen mobil klasik merupakan sebuah seni tersendiri.

"Kadang, komponen itu ada namun belum tentu bagus kondisinya. Jadi lebih baik bersabar, jangan terburu-buru. Buat perencanaan pembelian mobil juga penting, dalam artian jangan terlalu mepet budget-nya," kata Syarel beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com