Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Visual Daihatsu Terios Vs Suzuki XL7 Hybrid, Siapa Lebih Menarik?

Kompas.com - 21/07/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain di segmen yang sama, yakni low sport utility vehicle (LSUV), pada Juni 2023 Suzuki XL7 Hybrid dan Daihatsu Terios sama-sama bersolek.

Keduanya hadir menawarkan ragam pembaruan. Nah, bagi yang sedang mencari LSUV, Terios facelift dan XL7 yang kini sudah tersemat teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) bisa jadi pilihan menarik.

Apalagi keduanya memang cenderung memiliki harga jual yang kompetitif kalau dibanding LSUV lainnya.

Tapi sebelum menentukan pilihan, kita ulik dulu soal apa saja pembaruan yang ditawarkan dari desain, fitur, harga, sampai urusan performa.

Baca juga: Impresi Berkendara Omoda 5 Z, Tak Kalah Menarik dari Versi Termahal

Mulai dari desain. Bila melihat tampilannya saat ini, jelas Terios facelift punya visual yang lebih menggoda dibanding versi lawas.

Daihatsu New TeriosKompas.com/Sendy Daihatsu New Terios

Sentuhan baru dari gril yang lebih kecil dan body kit di depan dan belakang, membuat Terios lebih sporty. Selain itu, tampilan lampu LED kini dibalut smoke headlamp lengkap bersama penempatan body molding pada sisi samping untuk Terios R ADS dan Custom yang makin menguatkan kesan SUV.

Tak hanya itu, gambaran mobil petualang juga ditonjolkan melalui penyematan pelek 16 dan 17 inci tergantung varian yang kemudian ditambah roof rail pada bagian atap. Warna juga terdapat dua kelir baru yakni, silver metallic dan greenish gun metal.

Baca juga: Rapor Penjualan Daihatsu Semester I, Sigra Tetap Mendominasi

Suzuki XL7 hybridKompas.com/Nanda Suzuki XL7 hybrid

Sementara untuk Suzuki XL7 Hybrid, sekilas visualnya memang tampak tak ada perubahan dibanding tongkrongan versi sebelumnya.

Namun bila diperhatikan lebih detail, Suzuki sebenarnya memberikan sentuhan baru pada desain gril depan, autolight with guide me light, warna pelek, tailgate dengan garnish crhome, antena baru yang lebih kecil, serta auto retractabel mirror.

Pada varian tertinggi, yakni Alpha, konsumen bisa memilih versi dua warna baru yang kini telah disediakan, yakni white-black dan savanna ivory-black.

Dari segi dimensi, XL7 Hybrid punya panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm, jarak sumbu roda 2.740 mm, dan ground clearance 200 mm.

Baca juga: Kupas Lengkap Suzuki Grand Vitara, Desain sampai Biaya Kepemilikan

Bila dibandingkan Daihatsu Terios, secara lebar, tinggi, dan sumbu roda XL7 Hybrid lebih unggul, tapi tidak untuk urusan panjang dan ground clearance.

Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Hybrid

Kesimpulannya, secara desain dan visual memang sangat subjektif karena tergantung dari selera masing-masing konsumen. Tapi harus diakui, dari segi perubahan Terios terlihat lebih menonjol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com