Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL7 Hyrbid Langsung Mendominasi Penjualan Mobil Penumpang Suzuki

Kompas.com - 17/07/2023, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru satu bulan meluncur, tepatnya pada 15 Juni 2023, XL7 Hybrid diklaim langsung memimpin penjualan di kategori mobil penumpang sebesar 15 persen dari total penjualan ritel Suzuki di Indonesia.

Secara keseluruhan, penjualan ritel XL7 Hybrid mencapai 36 persen dibanding Mei 2023, dan meningkat 24 persen secara ritel bila dibandingkan Juni tahun lalu.

Dari tiga tipe, XL7 Alpha transmisi otomatis yang jadi varian tertinggi dengan warna New Savanna Ivory–Black dan White–Black menjadi yang terlaris.

Sementara secara keseluruhan, meski tanpa informasi jumlah unit, baik XL7 Hybrid tipe Beta dan Alpha mendominasi penjualan 74 persen dari total model New XL7 yang baru saja meluncur bulan lalu.

Baca juga: Rincian Biaya Servis Berkala dan Pajak Suzuki Grand Vitara Hybrid

Ertiga menempati posisi kedua dengan kontribusi 10 persen dari total penjualan secara keseluruhan. Model terlaris adalah tipe GX AT Hybrid, GL, dan Hybrid Suzuki Sport.

Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid berjalan di jalananKOMPAS.com/Adityo Wisnu Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid berjalan di jalanan

Dibanding periode Januari hingga Juni 2022, secara ritel MPV pesaing Avanza ini naik 12 persen. Selanjutnya ada New Carry dengan kontribusi 55 persen dari total penjualan Suzuki di segmen komersil pada Juni 2023.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, catatan penjualan yang positif menandakan masyarakat yang sudah beralih dan tertarik terhadap mobil ramah lingkungan.

"Kehadiran New XL7 Hybrid ini tentu menjadi pilihan tepat karena bukan hanya berdampak positif bagi lingkungan, tetapi juga mobil ini didesain agar mampu menunjang kegiatan sehari-hari di perkotaan maupun digunakan untuk berpetualang bersama keluarga," ucap Randy dalam keterangan resminya, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Hyundai Resmi Luncurkan Varian Baru Stargazer


Lebih lanjut Randy menjelaskan, meski sudah memiliki banyak pembaruan dari segi teknologi, fitur, hingga eksterior maupun interior, tapi secara harga XL7 Hybrid masih terjangkau.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat memiliki mobil yang berdampak baik bagi lingkungan. Berdasarakan daftar harga on the road Jakarta, XL7 Hybrid dibanderol dari Rp 283,9 juta hingga Rp 304,9 juta.

Untuk lebih meningkatkan minat masyarakat, Suzuki mencoba menghadirkan XL7 Hybrid lebih dekat dengan berpartisipasi dalam beragam kegiatan serta melalui jaringan diler ikut menghadirkan program penjualan menarik.

Baca juga: Pengemudi Belum Mahir, Brio Mandek Saat Cari Parkir di Tanjakan Mal

Suzuki New Carry PU FD suzuki.co.id Suzuki New Carry PU FD

Kontribusi penjualan Suzuki pada Juni 2023 juga disumbang oleh beberapa model CBU sebesar 16 persen dari total penjualan ritelnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com