Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Lengkap All New Daihatsu Ayla, Bahas Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 10/07/2023, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKART, KOMPAS.com - Pada awal tahun 2023, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan versi penyegaran dari produk mobil murah Low Cost Green Car (LCGC)-nya, yakni Ayla. Mobil ini hadir dengan tampilan yang jauh lebih modern dan sporty, lengkap dengan ragam teknologi dan fitur baru.

Bagi Anda yang sedang mengincar mobil murah ramah lingkungan, bisa mempertimbangkan Daihatsu Ayla yang dibanderol mulai dari Rp 134 juta sampai Rp 189,9 juta untuk tipe tertinggi.

Pertama dari sisi dimensi, Daihatsu Ayla memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.505 mm, serta jarak sumbu roda 2.525 mm. Dimensi tersebut sedikit lebih kecil dibandingkan rivalnya yakni Honda Brio.

Baca juga: Besaran Denda Tilang 14 Jenis Pelanggaran di Operasi Patuh Jaya 2023

Melihat tampilan depan, fascia Daihatsu Ayla punya garis berbeda dengan saudaranya Toyota Agya. Namun, secara keseluruhan masih satu kesatuan dan terlihat lebih sporty berkat lekukan tajam pada sisi kiri dan kanan.

Untuk varian 1.2 R CVT ADS yang tim redaksi coba sudah mengusung lampu LED dan DRL, berbeda dengan varian 1.000 cc yang masih bohlam.

All New Daihatsu AylaKompas.com/Nanda All New Daihatsu Ayla

Beranjak ke bagian samping, garis body Ayla terbaru sangat berbeda dengan model lama. Dari samping tampilannya nampak begitu dinamis, ditambah penggunaan gagang pintu model pull up yang membuat tampilan mobil ini terlihat lebih modern.

Tampilan sporty All New Daihatsu Ayla semakin kental dengan penggunaan pelek jari-jari ukuran 14 inci warna hitam, yang dibalut dengan ban GT Radial Champiro Eco berprofil 175/65.

Berlanjut ke bagian buritan, bentuk Ayla terbaru juga makin proporsional berkat garis tegas dan lekukan pada body belakang. Spoiler di bagian atap serta mata kucing yang menyambung ke tengah membuat tampilan mobil ini lebih menarik.

Dari sisi interior, kabin Daihatsu Ayla tipe R CVT ADS didominasi dengan warna hitam, dengan material plastik pada dasbor dan doortrim.

Bagian jok masih menggunakan desain ‘pocong’ alias headrest yang menyatu dengan jok, dilapisi dengan material fabric dengan aksen garis berwarna merah. Pengaturan untuk maju mundur dan rebah jok juga masih manual.

All New Dihatsu AylaKompas.com/Nanda All New Dihatsu Ayla

Setir mobil sudah menggunakan model palang tiga, dengan material kulit berwarna hitam. Sayangnya, meski ini merupakan varian tertinggi dari keluarga Ayla, belum terdapat tombol audio steering switch dan pengaturan setir masih tilt dan belum bisa telescopic.

Di bagian dasbor ada layar entertainment berukuran 7 inci, yang sudah terintegrasi dengan bluetooth, Android Auto serta Apple CarPlay. Kemudian di bawah layar head unit terdapat kisi-kisi AC dan pengaturannya sudah digital.

Ayla juga sudah dibekali dengan Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu.

Ada juga Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama melaju. Sistem pengereman mobil ini juga semakin baik berkat fitur Anti Lock Brake System (ABS), dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) yang berfungsi memaksimalkan performa pengereman kendaraan.

Lantas bagaimana dengan rasa berkendara Daihatsu Ayla generasi anyar ini?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com