Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNA Slovakia Keliling Dunia Pakai Motor Listrik Dimulai dari Indonesia

Kompas.com - 20/07/2023, 17:43 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Roman Nedielka, warna negara Slovakia yang bekerja sebagai konsultan manajemen dan wirausahawan, memulai perjalanannya mengelilingi dunia menggunakan motor listrik. Perjalanan dimulai dari Indonesia dan bakal berakhir di Indonesia.

Roman rencananya melakukan perjalanan selama lima bulan, dimulai dari 10 Juli 2023. Roman menggunakan sepeda motor Zero DSR/X tanpa modifikasi yang diproduksi secara komersial.

“Sekarang saya sudah di Malaysia, bersiap menuju ke Thailand,” ujar Roman, kepada Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Perilaku Sepele yang Bikin Motor Listrik Cepat Rusak

Roman Nedielka, WNA asal Slovakia, melakukan touring lintas negara dimulai dari Indonesia.Dok. Roman Nedielka Roman Nedielka, WNA asal Slovakia, melakukan touring lintas negara dimulai dari Indonesia.

Dari Indonesia, Roman melanjutkan perjalanan melalui semenanjung Malaya hingga mencapai ke China dan terus ke wilayah utara.

Roman akan melintasi berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Laos, China, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Kazakhstan, Azerbaijan, Georgia, Turki, Bulgaria, Serbia, Hungaria, Slovakia, Czechia, Austria, Jerman, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Timor Leste, dan kembali ke Indonesia.

Rute yang diambil Roman memberikan gambaran menyeluruh tentang keandalan sepeda motor listrik saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Mobil Pelat Dinas TNI Mengebut Lawan Arah, Diduga Oknum

“Pengalaman langsung yang saya rasakan memberikan keyakinan akan nilai lebih dari sepeda motor listrik,” ucap Roman.

“Selain itu, memiliki pengalaman internasional yang luas dari berkarir di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia membuat saya terbiasa menghadapi tantangan dan memecahkan masalah dalam lingkungan global yang kompleks,” kata dia.

Perjalanan ini merupakan inisiatifnya untuk menunjukkan kepada banyak orang tentang potensi kendaraan listrik khususnya sepeda motor sebagai salah satu sumber energi terbarukan.

Baca juga: Alasan Hyundai Mengganti Stargazer Varian Trend dengan Essential

Motor listrik Zero DSR/Xcycleworld.com Motor listrik Zero DSR/X

“Saya ingin mengajak lebih banyak orang untuk bersama-sama mengambil langkah berani dalam mendukung perkembangan kendaraan berkelanjutan,” kata Roman.

Baterai motor listrik yang dipakai Roman dapat diisi ulang melalui colokan listrik standar. Oleh sebab itu, pengisian daya selama semalaman akan memberikan baterai yang sepenuhnya terisi setiap pagi.

Ia pun tidak perlu mengandalkan SPKLU untuk mengecas. Meski begitu, pengisian daya juga dapat dilakukan di sepanjang perjalanan jika tersedia fasilitas fast charging di rute yang dilalui.

Baca juga: Kenapa Desain Motor Listrik Banyak yang Mirip Vespa?

Motor listrik Zero DSR/Xcycleworld.com Motor listrik Zero DSR/X

Sebagai informasi, Roman telah tinggal di Indonesia selama enam tahun. Berkat kerja keras dan fokusnya dalam karir, ia dapat melaksanakan perjalanan ini tanpa adanya sponsor untuk memonetisasi kontennya.

Hal ini dilakukan dirinya untuk meyakinkan bahwa petualangan ini benar-benar otentik dan relevan bagi masyarakat.

Adapun mengenai motornya, Zero DSR/X menggunakan penggerak Z-Force 75-10X dengan tipe mid-drive. Penggerak itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 kW atau setara 100 Tk pada 3.650 rpm dan torsi maksimal 225 Nm.

Dengan baterai sebesar 17,3 kWh, motor listrik ini sanggup melaju hingga 75 mil atau setara 120 Km pada kecepatan 70 mph atau sekitar 112 kpj. Bahkan motor ini juga menawarkan jarak tempuh hingga 290 km untuk penggunaan dalam kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com