Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Bus Triple Decker, Dek Paling Bawah Ala Limousine

Kompas.com - 16/07/2023, 16:17 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bus double decker berarti memiliki dua tingkat. Di Indonesia bus seperti ini untuk kelas mewah alau slepper. Penggunanya ialah konsumen yang mencari kenyamanan.

Namun di Pakistan rupanya bukan hanya bus double decker tapi juga ada bus triple decker. Sesuai namanya bus ini memiliki tiga tingkat alias tiga dek untuk penumpang, sehingga dari eksterior lebih jangkung.

Baca juga: Rumus Hitungan Ganti Oli Gardan dengan Oli Mesin

@raincitychannel Bus tiga tingkat #bus #bustripledecker #bustigatingkat #busmania #busmaniacommunity #busmaniaindonesia #fyp #fyp? #fyp??viral ? suara asli - RAIN CITY CHANNEL

 

Dalam video yang viral di akun TikTok, raincitychannel, terlihat bus memiliki eksterior kuning dan merah. Armada tersebut punya PO Super International, dengan jenis bus limousine plus miliki tiga jendela bertingkat.

Dari video bilalsjutt, diketahui PO Super International berdiri sejak 1983. Adapun jenis bus triple decker ini tampaknya jadi senjata baru perusahaan untuk mengaet konsumen terutama yang suka berpergian pakai bus.

Menariknya ialah sebetulnya tingkat satu alias dek pertama ini memakai ruang bagasi. Ada tiga ruang yang tersedia dan tiap ruang dibatasi sekat. Penumpang masuk dari pintu masing-masing ala mobil biasa.

Baca juga: Mick Doohan Sebut Honda Sudah Tidak Cocok dengan Marquez

@bilalsjutt Triple-Decker Bus. Made in Pakistan #pkbuses #bilalsjutt ? Main Pakistan Hoon - Asrar

 

Di Indonesia sendiri bus triple decker sudah ada. Pemiliknya ialah PT Borlindo Mandiri Jaya alias Borlindo, PO asal Sulawesi Selatan yang melayani rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Bus Borlindo tersebut Avante D2 menggunakan sasis Volvo B11R. Mesin berkapasitas 11.000 cc tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 430 tk. Tenaga mesin dikawinkan transmisi matik 12 percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com