Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Sepeda Motor di Indonesia Tembus 130 Juta Unit

Kompas.com - 16/07/2023, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor hingga saat ini masih menjadi salah satu transportasi jalur darat terpopuler di Indonesia.

Kendaraan roda dua tersebut banyak dipilih oleh masyarakat lantaran menawarkan berbagai pilihan harga variatif dan murah bila dibandingkan moda transportasi lain.

Tidak hanya itu, motor juga lebih  bisa diandalkan menembus segala medan jalan. Tidak heran bila banyak pengemar atau pemilik motor di Tanah Air.

Bahkan, jumlah sepeda motor pada tiap wilayah bertambah setiap harinya seiring dengan berbagai merek motor bermunculan di pasar otomotif nasional.

Baca juga: Sinyal Toyota Alphard Meluncur di GIIAS, Pakai Modellista

Menurut data Korlantas Polri, sampai dengan 16 Juli 2023, jumlah sepeda motor yang terdata mencapai 130 juta unit atau tepatnya 130.536.506 unit.

Padahal, berdasarkan catatan Korlantas Polri pada 18 Maret 2023, jumlah populasi sepeda motor adalah 128.595.993 unit.

Artinya total kepemilikan sepeda motor alami peningkatan sekitar 6,6 persen dari catatan pada tiga bulan yang lalu pada tahun yang sama. 

Suryadi satu dari jutaan pemudik melintasi jalur utama pantura Simpang Pemuda Kota Cirebon Jawa Barat pada Rabu (19/4/2023). Suyadi menyampaikan perjalanan pulang kampungnya dari Tangerang menuju Boyolali, Jawa Tengah, lancar.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Suryadi satu dari jutaan pemudik melintasi jalur utama pantura Simpang Pemuda Kota Cirebon Jawa Barat pada Rabu (19/4/2023). Suyadi menyampaikan perjalanan pulang kampungnya dari Tangerang menuju Boyolali, Jawa Tengah, lancar.

Baca juga: Aksi Nekat Pengendara Motor, Berkendara di Kolong Belakang Truk

Dari jumlah tersebut diketahui ada empat wilayah di Indonesia dengan populasi kepemilikan motor terbanyak. Pertama ialah Jawa Timur, kedua Jawa Tengah, ketiga Jakarta, dan keempat Jawa Barat.

Populasi motor di Jawa Timur paling tinggi mencapai 18.521.050 unit. Kemudian urutan kedua ada Jawa Tengah dengan jumlah sepeda motor 18.077.288 unit.

Wilayah dengan jumlah motor terbanyak ketiga ada DKI Jakarta yang mencatatkan 17.755.930 unit. Lalu wilayah dengan populasi sepeda motor terbanyak keempat ada Jawa Barat yakni 16.215.184 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com