Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Bus, Klakson Basuri Juga Dipakai Mobil Pikap

Kompas.com - 16/07/2023, 10:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Klakson basuri yang fenomenal kini membuat banyak orang menantikan kedatangan bus untuk membunyikan aluna khasnya. 

Namun kini fenomena klason basuri nampaknya tidak hanya hadir di bus saja, namun juga pada mobil pikap.

Bahkan, beberapa karoseri atau layanan jasa modifikasi kendaraan menerima layanan pemasangan klason basuri untuk mobil pikap, salah satunya Irsyad Putra Karoseri. 

Eko, pemilik Irsyad Putra Karoseri mengatakan, saat ini banyak pelanggan yang ingin melakukan modifikasi nyeleneh untuk mobil pikap, bahkan menggunakan klakson basuri

Untuk biaya yang harus digelontorkan untuk menyulap pikap menjadi kendaraan impian bila secara angka cenderung variatif. Hal tersebut berdasarkan ubahan atau modifikasi apa saja yang dilakukan. 

Baca juga: Korban Kecelakaan Lalu Lintas Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

Modifikasi pikap Isuzu Traga Instagram @irsyadputrakaroseri Modifikasi pikap Isuzu Traga

"Kalau untuk biaya pemasangan klason basuri dan tabung otomatis saja itu Rp 8 juta," kata Eko kepada Kompas.com, Sabtu (16/7/2023). 

Nantinya, dengan harga tersebut pikap akan disematkan kompresor otomatis yang dilengkapi dengan corong 6 model v3 basuri. Alhasil, begitu klakson dibunyikan akan mirip seperti bus klakson basuri pada bus.

Baca juga: BMW Bikin Smartglasses, Kacamata dengan Head-up Display

Klakson basuri sendiri merupakan merek sebuah modul klakson yang dirangkai secara digital. Suara yang dihasilkan oleh klakson tersebut telah diisi oleh sejumlah nada-nada atau lagu. 

Sama seperti era klakson telolet, fenomena bus yang menggunakan klakson basuri juga turut menyita perhatian banyak orang. Mereka dengan sengaja menghadang kendaraan demi sopir bus memainkan nada basuri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com