Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Tak Kalah Sama Motor Bebek, Ini Teknik Motor Trail Libas Tanjakan

Kompas.com - 16/07/2023, 09:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini video viral memperlihatkan motor bebek lebih tangguh saat diajak menanjak di jalur off road. Sebetulnya bukan sekali kemampuan motor bebek di jalur off road terungkap oleh netizen.

Selain video pekerja menaklukkan tanjakan licin memakai Honda Supra, sebelumnya juga viral seorang pemuda menggunakan Honda Karisma modifikasi mampu menghajar tanjakan yang biasa dijadikan tantangan pegiat motor trail.

Baca juga: Ada Perbaikan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek, Ini Lokasi dan Waktunya

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, jika ingin menaklukkan tanjakan maka perlu dua keterampilan yang mesti dimiliki, yaitu penguasaan gas dan kedua mengenai postur badan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pendaki Gunung Indonesia (@pendakilawas)

"Saat akan melakukan manuver menanjak pada jalan offroad pastikan kita sudah siap-siap mengambil momentum untuk membuka gas," kata Agus yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/7/2023).

Agus mengatakan pemilihan gear alias gigi sangat penting untuk meraih torsi yang baik saat menanjak. Kemudian posisi badan mesti berdiri dan condong ke depan agar motor tidak terpental ke belakang.

"Kemudian gunakan gigi rendah saat akan menanjak kemudian postur usahakan berdiri dengan agak membungkuk ke depan agar beban motor tetap seimbang," katanya.

Baca juga: Morris Garages Hadirkan Cyberster dan EX4 Concept di Goodwood

Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Centerastra-honda.com Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Center

"Jangan melakukan pengereman saat menanjak, maka pelajari dahulu rute yang akan dilewati agar motor bisa berjalan dengan baik," ujar Agus.

Muhamad Arief Instruktur Yamaha Riding Academy, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, setidaknya ada delapan hal yang mesti diperhatikan saat melewati jalan menanjak mengunakan motor trail.

”Lintasan berkarakter tanjakan dan turunan sering ditemui biker ketika menjelajahi trek off road, namun itu bukan menjadi halangan menikmati riding di alam," katanya.

Jalan Menanjak

  1. Posisi disarankan berdiri terutama ketika menghadapi tanjakan yang tinggi agar menghindari motor terbalik. Jika tanjakannya tidak ekstreem, diperbolehkan posisinya duduk
  2. Ketika berdiri, badan melewati posisi setang
  3. Posisi kedua kaki tetap menjepit bodi motor agar motor tetap stabil
  4. Tangan memegang setang dengan kuat dan relaks agar motor mudah diarahkan
  5. Gunakan gear dan rpm yang tepat agar kuat menanjak dan mesin motor tidak mudah mati
  6. Hindari melakukan pengereman yang keras baik rem depan atau belakang untuk menjaga rpm dan kecepatan yang baik
  7. Saat akan sampai di puncak tanjakan, tutup gas dan gunakan tenaga inersia motor
  8. Hindari gas terbuka penuh ini karena akan membuat motor mudah jumping
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com