Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pabrikan Jepang Mulai Tertinggal di MotoGP 2023

Kompas.com - 15/07/2023, 15:11 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pabrikan motor Eropa seperti Ducati, KTM, dan Aprilia, sering kali mendominasi jalannya balap MotoGP musim 2023. Tahun ini pabrikan Jepang seperti tak ada tajinya karena pebalapnya jarang naik podium.

Legenda MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo, mengatakan, pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha tertinggal soal pengembangan motor.

“Sekarang ini eranya tim pabrikan Eropa, tim Jepang (Honda-Yamaha) tidak lagi. Saya tidak tahu sampai kapan ini akan berlangsung," ujar Lorenzo,” dilansir dari Speedweek (15/7/2023).

Baca juga: Viral, Video Honda Vario Dipakai Ngabers di California, AS

Juara Dunia lima kali Jorge Lorenzo resmi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP. Foto: MotoGP.com Juara Dunia lima kali Jorge Lorenzo resmi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP.

“Menurut pendapatku, mereka sama-sama tidak punya pembalap yang sensitif dalam pengembangan sepeda motor untuk bisa digunakan semua rider di tim,” kata dia.

Seperti diketahui, Honda dan Yamaha memang tampil mengecewakan pada musim ini. Bahkan, dua juara dunia di masing-masing tim tersebut, yakni Marc Marquez dan Fabio Quartararo tak mampu memberikan yang terbaik.

Lorenzo menilai, Honda-Yamaha harus bekerja ekstra untuk bisa mengejar ketertinggalan dari pabrikan Eropa. Menurut dia, butuh kesabaran untuk bisa 'merumuskan' tunggangan terbaik di kompetisi.

Baca juga: Alasan Motor MotoGP Sebaiknya Menanggalkan Winglet

"Itu bukan sesuatu yang bisa diselesaikan dalam semalam. Dibutuhkan banyak usaha dan dimulai dengan tetap tenang untuk memahami apa yang perlu Anda pertahankan dan apa yang perlu Anda ubah tentang motor," ucap Lorenzo.

"Ini adalah pekerjaan yang telah dilakukan dengan sabar oleh Gigi Dall'Igna di Ducati sejak ia bergabung dengan proyek tersebut pada tahun 2014, secara bertahap semakin mendekati motor terbaik dari tahun ke tahun - hingga ia berakhir dengan motor terbaik dari semuanya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com