Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Dovizioso Bicara Peluang Kembali ke MotoGP

Kompas.com - 12/07/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso sedang menikmati masa pensiunnya dari MotoGP. Meski demikian, dia mengaku tidak menutup kemungkinan untuk kembali balapan.

Dovizioso pensiun dari MotoGP dan memulai membangun impian lainnya, yakni kembali ke dunia motocross. Dia bahkan membeli sirkuit di Faenza dan menamainya dengan "04 Pak Monte Coralli".

Baca juga: Dovizioso Yakin Ducati Bakal Menolak Marquez Bergabung

Trek motocross tersebut masih dalam tahap pembangunan. Namun, rencananya akan memiliki banyak fasilitas, seperti restoran, dan lainnya.

Andrea Dovizioso saat balapan motocrossDok. @andreadovizioso Andrea Dovizioso saat balapan motocross

"Off road sudah menjadi hasrat saya sejak masih kecil dan ini adalah proyek yang sangat besar. Saya sudah mencoba membangun taman seperti ini sejak lama," ujar Dovizioso, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (12/7/2023).

Dovizioso mengatakan, dia mencoba untuk menerapkan apa yang dia dapat dari MotoGP untuk membangun trek motocross tersebut. Dia berharap trek tersebut bisa siap dalam setahun ke depan.

Baca juga: Andrea Dovizioso Resmi Jadi MotoGP Legend

Meski sibuk mengejar impian masa kecilnya, Dovizioso mengaku tidak mau mengatakan tidak pernah untuk kembali ke MotoGP. Meskipun, bukan kembali sebagai seorang pebalap. Dia mengaku sempat ditawari pekerjaan sebagai race commissioner atau safety officer.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Saya yakin saya memiliki pengalaman, saya memiliki karir yang panjang dan dengan demikian saya bisa mengambil peran berbeda di dunia ini, di mana saya pernah ditawari, dan itu suatu kehormatan bagi saya," kata Dovizioso.

Tapi, setelah bertahun-tahun berada di MotoGP, dia mengatakan, normal baginya jika dia ingin rehat sejenak. Apalagi, saat ini dia sedang menggarap proyek yang besar.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Andrea Dovizioso telah resmi pensiun usai finis ke-12 di MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022).  Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Andrea Dovizioso telah resmi pensiun usai finis ke-12 di MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022). Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Tapi, jangan pernah mengatakan tidak pernah, karena kami selalu bicara tentang top level, yakni MotoGP, dan saya sangat suka bekerja di level tersebut dan dengan detailnya," ujarnya.

Ketika ditanya, peran apa yang ingin dia ambil jika kembali ke MotoGP, Dovizioso mengatakan, lebih tertarik jika menjadi bagian dari suatu tim balap. Namun, menurutnya, tergantung tim dan juga pabrikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com