Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi TVS Ronin, Motor Retro Baru dari Pabrikan India

Kompas.com - 08/07/2023, 07:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TVS Motor Indonesia secara resmi meluncurkan TVS Ronin di ajang Jakarta Fair 2023 di JIExpo Kemayoran, Jumat (7/7/2023).

Motor cruiser bergaya retro ini memiliki kubikasi mesin 225 cc. Dibekali beragam teknologi serta fitur keselamatan terbaru, seperti anti-lock braking system (ABS), glide through, dan lain-lain.

Untuk produksinya sendiri, TVS Ronin diklaim sudah berstatus completely knocked down (CKD), di mana beberapa komponen utama didatangkan dari India dan dirakit di pabrik TVS Indonesia, Karawang, Jawa Barat.

Hal itu sebagaimana disampaikan Rizal Rizkiawan Tandju, DGM Marketing TVS Motor Indonesia, saat berbincang dengan Kompas.com.

Baca juga: Jangan Salah Pilih Pelumas Komponen dan Pengikis Karat pada Kendaraan

Mesin motor 4 silinder 225 cc milik TVS RoninKOMPAS.com/daafa Mesin motor 4 silinder 225 cc milik TVS Ronin

“Karena ini (TVS Ronin) masih produk yang sangat baru, prosesnya masih CKD. Jadi memang didatangkan beberapa part dari luar,” ucapnya.

Bicara mengenai spesifikasi motor, Rizal menjelaskan jika TVS Ronin dirancang dengan menyesuaikan target konsumen yang spesifik, yakni penikmat touring yang juga menggandrungi desain klasik dan retro.

“Kami pastikan TVS Ronin mampu menghadirkan sensasi berkendara yang menarik dan sangat memuaskan bagi calon konsumen,” kata dia.

Membahas tampilan, TVS Ronin nampak serupa dengan motor-motor cruiser retro lainnya di pasaran. Dengan headlamp membulat dan tangki bahan bakar besar yang menambah kesan gagah.

Baca juga: Great Wall Motor Sudah Daftarkan Banyak Paten Desain di Indonesia

TVS Motor Indonesia kenalkan TVS Ronin 225, motor retro dengan banderol mulai Rp 34 jutaKompas.com/Daafa Alhaqqy TVS Motor Indonesia kenalkan TVS Ronin 225, motor retro dengan banderol mulai Rp 34 juta

Satu diferensiasi utama yang seolah menjadi ciri khas adalah garis lampu LED berbentuk ’T’ yang ada di dalam headlamp.

Motor ini mengusung mesin 225,9 cc 4 stroke and 4 valve dengan 6 transmisi percepatan. TVS Ronin diklaim memiliki torsi maksimal 19,93 nm pada 3.750 RPM.

Namun, redaksi belum menerima laporan perihal berapa kecepatan maksimal yang mampu diraih kuda besi ini.

Satu bagian yang sangat diunggulkan oleh TVS adalah suspensi depan yang sudah menggunakan upside down.

Baca juga: Bukan Sekadar Aksesori, Ada Fungsi Penting pada Spoiler Mobil

Suspensi depan TVS Ronin menggunakan upside-down forkKOMPAS.com/daafa Suspensi depan TVS Ronin menggunakan upside-down fork

Untuk bagian belakang, TVS Ronin menggunakan monoshock dengan 7 tingkat pengaturan yang bisa disesuaikan pengendara sesuai dengan kontur jalan.

TVS Ronin juga memiliki spidometer digital dengan beragam panel indikator yang bisa terhubung dengan smartphone pengguna melalui aplikasi TVS Connect yang bisa diunduh secara online.

Terkait tipe dan banderol harga, TVS Ronin memiliki 2 model mulai dari yang terendah bernama SS dipatok Rp 34,9 juta, sedangkan model TD dihargai Rp 38,9 juta. Kedua harga itu adalah untuk OTR Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com