Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Pilih Pelumas Komponen dan Pengikis Karat pada Kendaraan

Kompas.com - 07/07/2023, 19:04 WIB
Aditya Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia tentunya tingkat kelembabab cuacanya sangat tinggi. Alhasil butuh perhatian ekstra dalam melakukan perawatan kendaraan.

Sebab, jika tidak akan muncul karat akibat oksidasi antara bahan besi pada komponen kendaraan dengan oksigen. Kondisi akan semakin rumit jika tumpukan kotoran tidak dibersihkan secara rutin dan cermat.

Karat tidak hanya akan muncul pada luasan bodi kendaraan tetapi juga pada komponen
yang lokasinya tersembunyi dan bergesekan, seperti di seputaran engsel pintu, sela-sela baut
roda, ataupun pegangan pintu pada mobil.

Baca juga: Muncul Fenomena Bercak Karat pada Cakram Mobil, Apakah Wajar?

 

Secara umum, untuk mengusir karat dipakailah produk yang jamak disebut sebagai ‘penetran’.
Klaim yang juga mudah ditemukan adalah penghilang karat, beberapa produk ditambahkan klaim soal kemampuan ‘melindungi’.

Di lain sisi ada juga produk yang diklaim bisa jadi ‘pelindung saja’ untuk komponen kendaraan bermotor agar terhindar dari potensi dihinggapi karat.

Mencermati kedua produk tadi sebenarnya ada cara mudah untuk lebih memastikan kebutuhan pemakai, untuk mengikis karat atau melumasi suatu komponen.

Cairan Penghilang Karat pada kendaraanist Cairan Penghilang Karat pada kendaraan

 

“Karena, secara teknis, antara kegunaan untuk melumasi suatu komponen supaya terhindar dari karat dengan tujuan mengikis karat di satu komponen merupakan dua hal yang berbeda,” buka Dhany Ekasaputra, Manager Promosi PT Autochem Industry dalam siaran resmi, Jumat (7/7/2023).

Dhany mengatakan, dua tujuan yang berbeda tersebut juga sulit untuk dipadukan dalam satu produk. Alasannya karena adanya untuk tujuan melumasi dan mengikis merupakan dua hal yang berbeda, dan atas dasar itulah PT Autochem Industry melansir dua produk terpisah.

“Master Super Lubricant ML-40 secara khusus diformulasikan untuk melumasi serta melindungi komponen di kendaraan yang rawan karat serta tersembunyi. Kandungan utama pada ML-40 adalah base oil yang menjamin mutu pelumasan maupun perlindungan bisa maksimal untuk jangka waktu yang panjang,” tutur Dhany.

Perpaduan daya semprot yang dirancang khusus dan formula cairan yang spesifik membuat setiap proses untuk pelumasan bisa dilakukan tanpa membutuhkan banyak semprotan.

“Cukup dilakukan 2-3 kali semprotan maka upaya untuk pelumasan serta perlindungan sudah bisa dilakukan secara efektif,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com