Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Great Wall Motor Sudah Daftarkan Banyak Paten Desain di Indonesia

Kompas.com - 07/07/2023, 19:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Great Wall Motor (GWM) akan jadi salah satu merek otomotif baru yang akan dipasarkan di Tanah Air dalam waktu dekat. Pabrikan asal China ini ternyata juga sudah mendaftarkan banyak paten desain mobilnya di Indonesia.

Jika melihatnya pada situs resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), sudah ada beberapa paten desain yang statusnya diberi dan ada juga yang masih dalam proses.

Baca juga: Indomobil Dipercaya Pegang Distribusi Great Wall Motor di Indonesia

Nama pemegang paten desainnya tercantum nama Great Wall Motor Company Limited yang alamatnya di China. Disebutkan juga nama-nama pendesainnya yang semuanya berkebangsaan China.

WEY Ballet Cat

WEY Ballet CatDok. Autoevolution.com WEY Ballet Cat

Paten yang ini diduga kuat sebagai WEY Ballet Cat yang merupakan mobil listrik. Tampilannya seperti mobil klasik, tapi sebenarnya punya fitur yang modern.

Mobil ini dibekali dengan motor listrik tunggal pada roda depan yang bisa menghasilkan tenaga hingga 167,6 tk dan torsi 250 Nm. Jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 500 km dan kecepatan maksimumnya tembus 155 kilometer per jam.

King Kong Cannon

King Kong CannonDok. CarAdvice King Kong Cannon

Paten berikutnya adalah pikap kabin ganda yang diyakini sebagai King Kong Cannon. Mobil ini hadir dengan desain eksterior yang terkesan gagah dan kekar. Sedangkan interiornya, terlihat mewah dan modern.

Mobil ini memiliki dua opsi mesin, yakni 2.000 cc turbo dan 2.000 cc turbodiesel. Tenaganya disalurkan ke roda belakan melalui transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 8-percepatan.

Cyber Tank 300

GWM Cyber Tank 300Dok. Aglomerado.digital.com GWM Cyber Tank 300

Paten yang satu ini merupakan mobil SUV. Meski tidak tertulis nama model mobil yang didaftarkan, kuat dugaan desain yang dipatenkan adalah Cyber Tank 300.

Bahasa desainnya sepintas mirip Mercedes-Benz G-Class. Terdapat perpaduan nuansa retro dan modern pada desain eksteriornya. Mobil ini dibekali mesin 4-silinder 2.0 L turbo.

Haval B07

Haval B07Dok. China2move.com Haval B07

Paten yang satu ini diyakini sebagai Haval B07. SUV keluarga ini terlihat lebih futuristik, tapi tetap terkesan tangguh. Soal dapur pacu, mobil ini dibekali mesin berteknologi Hybrid Intelligent 4WD (Hi4).

ORA 07

ORA Lightning CatDok. Carsales ORA Lightning Cat

Tidak hanya mobil berdimensi besar saja yang dipatenkan desainnya oleh GWM. Terlihat ada juga paten desain yang diyakini sebagai ORA 07, coupe bertenaga listrik berbasis baterai.

Deretan mobil tersebut masih belum semuanya. Masih ada beberapa paten desain lainnya yang didaftarkan oleh GWM di Indonesia.

Belum lama ini, GWM sudah mengumumkan kerjasamanya dengan Indomobil yang akan menjadi distributor di Indonesia. Rencananya, GWM pertama kali akan diluncurkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada pertengahan Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com