Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Performa dan Konsumsi BBM Toyota Agya Vs Daihatsu Ayla

Kompas.com - 07/07/2023, 13:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengulas bagian eksterior dan interior. Tim redaksi kali ini akan membahas tentang performa dan konsumsi bahan bakar dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin dengan kapasitas 1.200 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 86,7 tk dan torsi 113 Nm pada putaran 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT untuk varian matiknya.

Bicara soal konsumsi BBM, tim redaksi sempat melakukan pengetesan pada Toyota Agya tipe G CVT dan Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS.

Baca juga: Indonesia Buka Peluang Kerja Sama Pengembangan EV dengan China

Metode pengujian dilakukan secara sederhana, yakni dengan berkendara berkeliling Jakarta dengan jarak dan gaya berkendara sehari-hari.

Sedangkan pengukurannya berpatok pada multi information display (MID) yang ada pada panel instrumen dan diisi dengan bahan bakar RON 90.

Toyota AgyaKompas.com Toyota Agya

Hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Agya mendapatkan angka 12,6 kilometer per liter (kpl) setelah menempuh jarak 61,5 Km.

Kondisi jalan yang dilalui didominasi kemacetan pada jam masuk kantor dengan rute dari Jakarta Barat ke Selatan, lalu lanjut ke Jakarta Timur.

Sedangkan hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Ayla mendapatkan angka 12,2 kpl setelah menempuh jarak 62 Km. Kondisi jalan yang dilalui serupa dengan Agya.

Baca juga: Pilihan City Car Juli 2023, Siapa yang Paling Murah?


Artinya hasil konsumsi BBM dari kedua mobil kembar itu tak jauh berbeda yang masih dalam kondisi wajar untuk penggunaan mobilisasi dalam kota.

Salah satu hal yang membuat kedua mobil kembar ini lumayan hemat bahan bakar adalah kapasitas mesin yang tidak terlalu besar, yakni 1.200 cc tiga silinder.

Baca juga: Honda Persilahkan Marquez Jika Mau Hengkang

Test drvie All New Daihatsu Ayla di YogyakartaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test drvie All New Daihatsu Ayla di Yogyakarta

Namun tentu saja hasil tersebut tidak bisa dijadikan patokan mengingat banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com