Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Perpanjang Masa Garansi Baterai Litium Produk Hybrid

Kompas.com - 28/06/2023, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran XL7 Hybrid tak hanya menambah jajaran produk elektrifikasi Suzuki di Indonesia, tapi juga pilihan bagi masyarakat yang mencari mobil ramah lingkungan.

Total, sudah ada tiga mobil elektrifikasi Suzuki yang mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), yakni Ertiga, Grand Vitara, dan XL7.

Peluncuran produk elektrifikasi juga diimbangi dengan peningkatan kepuasan dan ketenangan untuk pelanggan, salah satunya dengan memberikan perpanjangan masa garansi lithium-ion battery yang menjadi 8 tahun atau 160.000 kilometer (km), dari sebelumnya yang hanya 5 tahun.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan perpanjangan masa garansi baterai yang digunakan pada produk hybridnya sudah dilakukan sebelum Juni 2023, dan jadi komitmen akan kualitas teknologi yang disematkan pada tiap produknya.

Baca juga: Kapasitas Lebih Besar, Mungkinkah Ertiga Hybrid Swap Baterai XL7

"Salah satu komponen penting untuk kendaraan hybrid ini adalah baterai. Maka untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pelanggan, Suzuki memperpanjang masa garansi lithium-ion battery hingga 8 tahun atau 160.000 km," kata Hariadi dalam keterangan resminya, Rabu (28/6/2023).

Letak Baterai Lithium-ion 10 Ah Dibawah Kursi Penumpang Baris Pertama Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Letak Baterai Lithium-ion 10 Ah Dibawah Kursi Penumpang Baris Pertama Suzuki XL7 Hybrid

Pemberian garansi tak hanya untuk pelanggan yang baru membeli XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, dan Grand Vitara Hybrid, tapi juga untuk konsumen yang sejak tahun lalu sudah memiliki unit dengan teknologi SHVS.

Baterai jadi komponen utama pada teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Fungsinya untuk menyimpan energi listrik yang dibutuhkan guna membantu proses kerja beragam komponen elektrikal yang ada di mobil.

Secara global, Suzuki telah menerapkan penggunaan lithium-ion battery diberagam model mobil sejak 2014 di Jepang dan kemudian diperluas hingga benua Eropa. Hingga saat ini, menurut data internal Suzuki Global, baterai litium yang digunakan memiliki ketahanan yang panjang dan jarang mengalami malfungsi meski sudah dipakai lebih dari 8 tahun berjalan, dengan catatan selama pelanggan melakukan perawatan sesuai anjuran.

"Selain untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, kami memberikan masa garansi ini juga sebagai wujud nyata komitmen Suzuki akan jaminan ketahanan lithium-ion battery dan layanan after sales untuk pelanggan setia maupun calon pelanggan Suzuki," kata Hariadi.

Baca juga: Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Kendaraan Keluar Jabotabek

Pengguna kendaraan hybrid tidak perlu risau karena perawatan lithium-ion battery tak jauh berbeda dengan perawatan kendaraan pada umumnya. Suzuki menganjurkan konsumen mengikuti jadwal servis rutin kendaraan hybrid di bengkel resmi.

Test drive Suzuki Grand Vitara HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test drive Suzuki Grand Vitara Hybrid

Durasi pemakaian baterai juga bergantung pada seberapa besar beban kerjanya. Namun, yang harus diketahui adalah jika kerusakan diakibatkan kelalaian atau tidak melaksanakan perawatan berkala di bengkel resmi Suzuki selama masa garansi, maka tidak dapat menggunakan jaminan yang telah diberikan.

Untuk menjaga ketahanan lithium-ion battery pada kendaraan hybrid, pelanggan perlu memperhatikan petunjuk seperti berikut:

  • Perbaikan; melepas atau memasang baterai harus dilakukan di Diler/Bengkel Resmi Suzuki
  • Penanganan baterai atau komponen kelistrikan yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera
  • Jangan melewati banjir/genangan air yang menyebabkan baterai terendam atau hindarkan baterai dari air
  • Jangan mencuci baterai dengan air
  • Jangan mengoperasikan battery pada temperatur dibawah -20 derajat celsius
  • Jangan terpapar pada suhu di atas 140 derajat celsius
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak
  • Jangan dibuang bersama dengan sampah rumah tangga umumnya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com