Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Teknologi Nikuba Bisa Mengubah Air Menjadi Bahan Bakar?

Kompas.com - 05/07/2023, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nikuba atau alat yang disebut mampu mengonversi air menjadi bahan bakar minyak untuk menggerakkan mesin kendaraan tengah mendapat sorotan.

Baru-baru ini, Nikuba memperoleh atensi sekelompok warga Italia yang diklaim dari sejumlah produsen otomotif. Mereka mengundang pemilik inovasi Nikuba, Aryanto Misel (67 tahun), untuk mempresentasikan alat ciptaannya itu.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, mulanya inovasi itu mendapat atensi dari salah satu pabrikan otomotif terkemuka di Eropa. Mereka kemudian melakukan survei langsung ke Cirebon, tempat di mana teknologi ini lahir.

Baca juga: 2 Perilaku Salah yang Bikin Transmisi Mobil Matik Mudah Rusak

Bentuk Nikuba ciptaan Ariyanto Misel warga Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Sabtu (14/5/2022).Tribunjabar.id Bentuk Nikuba ciptaan Ariyanto Misel warga Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Sabtu (14/5/2022).

Tindak lanjut dari kunjungan tersebut, Nikuba mendapat kesempatan untuk dipresentasikan kepada beberapa pabrikan otomotif Italia yang telah dilaksanakan pada 18 Juni 2023 di Milan, Italia.

Aryanto sebagai pemilik inovasi tersebut lantas terbang ke Eropa untuk mempresentasikan Nikuba.

Tidak dijelaskan siapa saja pabrikan Italia yang telah melihat kinerja Nikuba. Namun, Italia merupakan negara asal beragam produsen otomotif ternama seperti Ferrari, Lamborghini, hingga Ducati.

Baca juga: Honda Brio Asal Putar Balik, Nyaris Tertabrak Transjakarta

Aryanto mengatakan, Nikuba belum diproduksi secara massal karena masih menunggu legalitas. Tapi dia meyakini Nikuba bisa membantu pengguna sepeda motor agar lebih irit.

Menurutnya, Nikuba dapat mengkonversi air menjadi bahan bakar melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen pada kandungan air, yang telah dielektrolisa menjadi hidrogen.

Teknologi Nikuba ini dalam prosesnya berhasil terus disempurnakan sehingga lebih efisien saat digunakan untuk kendaraan, dengan kemungkinan bisa menghemat 100 persen bahan bakar minyak.

Baca juga: Adu Desain Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Mana yang Lebih Ganteng?

Ilustrasi motor Babinsa yang dimodifikasi dengan energi baru terbarukanDok. TNI AD Ilustrasi motor Babinsa yang dimodifikasi dengan energi baru terbarukan

“Nikuba ini pernah diuji digunakan pulang-pergi dari Cirebon ke Semarang cuma menghabiskan 1 liter air,” ujar Aryanto, disitat dari laman dprd.cirebonkab.go.id (4/7/2023).

“Bahkan sampai sekarang 31 unit Nikuba sedang digunakan oleh Kodim dan Koramil Lemahabang, dan hampir 3 bulan ini katanya tidak pernah isi bensin, hanya isi ulang air saja,” kata dia.

Menanggapi temuan teknologi ini, pengamat otomotif dan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu, mengatakan, prinsip dasar elektrolisis air untuk menghasilkan gas Hidrogen (H2) dan gas Oksigen (O2) secara teknis bisa dilakukan.

Baca juga: Respons Mitsubishi soal XFC yang Jadi Rival HR-V dan Creta

“Sebetulnya proses elektrolisis yang dimaksud itu adalah proses penguraian air (H2O) menjadi hidrogen (H2) dan oksigen (O2) dengan bantuan listrik, itu saja,” ucap Martinus, kepada Kompas.com (4/7/2023).

“Nah, penciptanya tidak menjelaskan bahwa energi yang digunakan dalam proses elektrolisis untuk memisahkan hidrogen dari air berasal dari listrik eksternal, bukan dari aki kendaraan,” ujar dia.

Martinus mengatakan, pernyataan Aryanto tidak memberikan pembanding yang jelas antara penggunaan Nikuba dan metode penggerak konvensional (seperti menggunakan bahan bakar fosil).

Baca juga: Vinales Sebut Pebalap Yamaha Kini Stres, Seperti Dia 3 Musim Lalu

Mobil balap Toyota bermesin GR Yaris yang menggunakan bahan bakar hidrogen cairDok. Carscoops.com Mobil balap Toyota bermesin GR Yaris yang menggunakan bahan bakar hidrogen cair

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com