Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Kemenhub Perbanyak Jumlah Bengkel Motor Listrik Konversi

Kompas.com - 22/06/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memperbanyak jumlah bengkel motor listrik konversi sebelum akhir 2023.

Hal itu dilakukan demi mendukung program elektrifikasi nasional, sekaligus meningkatkan daya serap masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.

Sapril, Direktorat Sarana Transportasi Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub menjelaskan, jumlah bengkel motor listrik yang tersedia saat ini masih terbilang sedikit.

“Memang saat ini pemerintah sangat menitikberatkan program elektrifikasi kendaraan, jadi ada upaya untuk mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik, baik itu pabrikan atau konversian,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Gesits Sebut Motor dan Baterai Terpisah Bisa Tingkatkan Penjualan

Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDMKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDM

Dia mengatakan, bertambahnya kendaraan listrik pabrikan tentu bisa membantu membantu kenaikan angka pengguna.

Namun menurutnya, hal utama yang sangat ingin dicapai oleh pemerintah dalam waktu dekat adalah pertambahan jumlah bengkel lokal yang bisa melakukan konversi.

“Kami (kemenhub) lebih mengupayakan proses peraihan dari kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik, khususnya untuk motor,” kata dia.

Menurut Sapril, hal itu bisa memberikan 2 implikasi positif. Pertama, kendaraan yang sudah ada bisa dimanfaatkan kembali melalui tahap refurbish dan tidak disia-siakan.

Baca juga: Mercedes-Benz Indonesia Jawab Soal Mobil Listrik Terabas Banjir

Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023Kompas.com/Donny Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023

Kedua, upaya konversi tentu akan menyerap banyak tenaga lokal, yang berartu turut mengembangkan sektor usaha masyarakat.

“Sejauh ini ada 15 bengkel listrik yang sudah tersertifikasi, kami harap angkanya bisa bertambah sebelum tahun 2024,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com